Biar Tak Macet, Jalan RA Kartini di Pandaan Dipasang Water Barrier

PANDAAN – Selain penataan parkir motor dan mobil, Dishub Kabupaten Pasuruan juga memasang water barrier di median Jalan RA Kartini. Pemasangan itu dilakukan karena ruas jalan RA Kartini di Pandaan kerap terjadi kemacetan. Apalagi selama Ramadan ini, pusat perbelanjaan dan niaga di jalan tersebut, aktivitasnya meningkat..

Pemasangan water barrier itu sepanjang sekitar 100 meter. Pemasangan dilakukan sejak akhir pekan kemarin. Pemasangan water barrier itu tak hanya sat Ramadan. Hingga jelang Lebaran nanti, arus lalulintas disana cukup padat.

“Tak hanya parkir yang perlu diatur, tapi penyeberangannya juga harus diatur pula. Dilapangan kami pasang water barrier di median jalan, agar penyeberang fokus satu titik,” ungkap kasi pengawasan dan pengendalian Dishub Kabupaten Pasuruan Digdyo Mulyono.

Selain agar penyeberangan fokus di satu titik, water barrier dipasang juga agar tidak semrawut. Ehingga minimalisir kemacetan dilapangan. Karena median jalannya terlalu rendah, sehingga penyeberang menyebrang sembarangan.

Jauh sebelum dipasang water barrier ini, pihaknya telah melakukan survey dulu kelapangan. Tepatnya sekitar satu bulan lalu, tentunya bersama dan didampingi unit lantas Polsek Pandaan.

“Pasca pemasangan dilapangan, hasilnya kami nilai cukup efektif. Ini sifatnya tentatif atau sementara saja, hingga lebaran nanti. Setelahnya akan dibongkar lagi dan dikembalikan seperti semula,” jelasnya. (zal/fun)