Disnaker Kab Pasuruan Buka Posko Pengaduan THR

PANDAAN – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Disnaker Kabupaten Pasuruan tak hanya menyampaikan kewajiban perusahaan untuk memberi tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya. Namun, juga terus mengawasi sampai menyediakan posko pengaduan.

Posko pengaduan itu bertempat di kantor Disnaker Kabupaten Pasuruan. Posko pengaduan ini dibuka sejak Selasa (14/5) lalu. “Kami membuka posko pengaduan THR di kantor dinas (Disnaker). Setiap hari ada petugas stand by dan akan bertugas hingga menjelang Lebaran nanti,” ujar Sekretaris Disnaker Kabupaten Pasuruan Agus Hernawan.

Agus mengatakan, di posko ini pihaknya siap menerima pengaduan. Baik dari serikat buruh atau pekerja juga karyawan umum. Pengaduan yang masuk akan diteruskan kepada pengawas ketenagakerjaan Disnaker Provinsi Jawa Timur. “Hingga saat ini (17/5) untuk pengaduan masuk terkait THR belum ada. Kalau ada, tentu akan langsung kami tindak lanjuti,” ujarnya.

Untuk THR keagamaan, menurut Agus, selambat-lambatnya dibayarkan tujuh hari sebelum hari raya. Nilainya satu kali upah atau gaji bagi karyawan yang sudah bekerja di perusahaan minimal satu tahun atau lebih. Bagi yang di bawah satu tahun, hitungannya masa kerja atau bulan dibagi 12 dan dikalikan satu bulan upah.

Menurutnya, semua itu diatur dalam PP Nomor 78/2015 tentang Pengupahan. Juga Permenaker Nomor 6/2016 tentang THR Keagamaan. “Hitung-hitungannya sudah jelas terkait pembayaran THR. Kami berharap perusahaan di kabupaten ini (Pasuruan) memperhatikan dan merealisasikannya tepat waktu,” ujarnya. (zal/rud)