Anggarkan Rp 2,7 M untuk Perbarui Ruang Perinatologi di RS dr R Soedarsono

PURWOREJO – Fasilitas kesehatan di RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan dipastikan bakal semakin lengkap. Itu setelah rumah sakit pelat merah tersebut berencana membangun ruang Perinatologi atau ruangan khusus bagi bayi tahun ini.

Pelaksana Tugas (PLT) Direktur RSUD dr. R Soedarsono Kota Pasuruan, dr. Tina Soelistiani mengungkapkan, sejatinya RSUD dr. R Soedarsono sudah memiliki ruangan perinatalogi. Namun, ruangan yang ada saat ini dinilai masih belum cukup, utamanya saat jumlah bayi yang dirawat membeludak.

Karena itulah, pihaknya berencana membangun ruang perinatologi yang baru. Untuk itu, RSUD sudah menyiapkan anggaran Rp 2,7 miliar. Anggaran ini berasal dari dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT) Pemkot Pasuruan tahun 2019.

“Ruang perinatologi yang kami miliki saat ini belum memadai. Ruangan ini hanya terdiri dari satu lantai. Alhasil, kalau jumlah pasien meningkat, ruangan yang ada tidak sesuai,”ungkapnya.

Tina-sapaan akrabnya menjelaskan ruang perinatologi ini nantinya bakal dibangun dua lantai. Lokasi pembangunannya dilaksanakan di belakang instalasi gawat darurat (IGD) atau di depan ruang perinatalogi yang lama.

Karena anggarannya berada di atas Rp 200 juta, maka pihaknya bakal melaksanakan tahap lelang terlebih dahulu untuk menentukan pelaksana proyek. Saat ini, pihaknya sudah melakukan proses perencanaan untuk menetukan detail engineering design (DED).

“Tahap perencanaan sudah kami lakukan sejak Maret lalu. Selanjutnya, kami bakal lakukan tahap lelang, barulah proyek fisik bisa dikerjakan,” pungkas Tina. (riz/fun)