Pembangunan Los dan Kios di Pasar Warungdowo Dimulai Juli

POHJENTREK – Tahun ini, Pasar Warungdowo kembali dibangun. Dengan menggunakan anggaran APBN, puluhan kios dan los akan dibangun di sini. Targetnya, bulan Juli pembangunan sudah dimulai.

Edy Suwanto, kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan mengatakan, Pasar Warungdowo merupakan salah satu pasar yang memiliki lokasi yang strategis. Sehingga, perlu revitalisasi dan pembenahan agar pasar lebih modern dan nyaman.

“Dua tahun terakhir kami sudah merevitalisasi area depan atau bagian utara pasar menjadi ruko dan pertokoan yang lebih modern. Tahun ini yang kami benahi adalah areal toko di belakang dan selatan pasar,” terangnya.

Kondisi toko-toko di dalam pasar memang kurang representatif. Apalagi saat hujan, air menggenang. Sehingga, kondisinya kurang bersih. Karena itu, tahun ini bakal dibangun 55 los dan 50 kios dengan prototipe sama dengan Pasar Grati kemarin. Sehingga, total akan ada 105 los dan kios.

Anggarannya dialokasikan Rp 3,8 miliar dari APBN tugas pembantuan. Saat ini, menurut Edy, pembangunan Pasar Warungdowo ini masih tahap perencanaan.

Targetnya, bulan Juni proyek ini sudah tahap lelang. Dan, jika lelang lancar, pada pertengahan Juli proyek mulai dikerjakan. Lalu, akhir tahun pengerjaannya sudah selesai.

Selama masa pengerjaan, pedagang untuk sementara akan direlokasi ke sebelah utara dan belakang UPT Kantor Warungdowo. “Harapannya, dengan pembangunan kios dan los baru sisi selatan, keadaan pasar bisa lebih bersih dan nyaman. Baik pagi pedagang dan pembeli,” pungkasnya. (eka/fun)