Perbaikan Plengsengan Plumbon Dialokasikan Rp 200 Juta

PANDAAN – Kondisi plengsengan saluran pembuang Plumbon, di Kelurahan/Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, sejak beberapa tahun terakhir memprihatinkan. Sebab, banyak yang ambrol dan mendominasi sisi timur atau di tepi Jalan Pattimura.

Syukur, kondisi ini mulai mendapatkan perhatian dari Pemprov Jawa Timur. “Dalam bulan ini plengsengan yang ambrol di saluran pembuang Plumbon, itu akan diperbaiki. Biayanya ditanggung OPD terkait di Pemprov Jatim dengan anggaran sekitar Rp 200 juta,” ujar Kabid Bina Manfaat Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Alam dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Chafidon.

Perbaikan plengsengan di saluran pembuang ini, menurutnya, panjangnya sekitar 150 meter. Mulai simpang tiga Plumbon atau depan kantor Kelurahan Pandaan sampai depan kantor PDAM Kabupaten Pasuruan. Plengsengan ini akan diperbaiki dengan ketinggian sekitar 1,5 meter.

Chafidon mengatakan, sebelumnya telah diusulkan dan disurvei. Perbaikann plengsengan ini memang menjadi tanggung jawab Pemprov. “Perbaikannya tidak menyeluruh, hanya di spot-spot tertentu yang plengsengannya ambrol. Targetnya, pembangunannya sebulan tuntas,” ujarnya. (zal/rud)