Permintaan Kartu Pencari Kerja Minim, Diperkirakan Bulan Depan Naik

PASURUAN – Kendati selesai masa ujian bagi SMA sederajat, sampai awal Mei ini permintaan AK1 atau dikenal dengan kartu kuning masih minim. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan memprediksi naiknya permintaan AK1 sekitar bulan Juni mendatang.

Agus Hernawan, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan mengatakan kendati masa ujian SMA/SMK sederajat sudah selesai bulan April lalu. Namun permintaan AK1 atau kartu pencari kerja masih belum ada peningkatan permintaan.

“Saat ini permintaan AK1 masih stabil bahkan cenderung turun di awal Mei ini. Bisa saja karena menjelang bulan Ramadan sehingga permintaan AK1 ada kecederungan turun,” terangnya.

Jika hari biasanya, permintaan pembuatan AK1 rata-rata perhari mencapai 25-30 orang perharinya. Awal mei ini bahkan turun sekitar 20-an permintaan. Agus menyebutkan, untuk lulusan SMA sederajat memang masih minim yang meminta. Kemungkinan menunggu setelah lebaran atau setelah tes perguruan tinggi.

Agus menambahklan, kendati sudah ujian dan menunggu kelulusan, lulusan SMA/SMK biasanya sudah mencari pekerjaan. Ada yang lewat Balai Kerja Khusus (BKK) di tiap SMK termasuk meminta syarat AK1 di Disnaker.

Sejauh ini permintaan AK1 memang masih belum ada lonjakan. Diperkirakan lulusan SMA/SMK masih menunggu tes perguruan tinggi negeri dan swasta pada bulan Mei – Juni mendatang. “Prediksi setelah selesai tes perguruan tinggi, kalau tidak lolos baru sekitar bulan Juni nanti baru mulai banyak lonjakan permintaan AK1,” pungkasnya. (eka/fun)