Pengunjung Wisata di Kab Probolinggo Tembus 201 Ribu di Triwulan Pertama

DRINGU – Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Probolinggo pada triwulan pertama tahun ini cukup banyak. Setidaknya ada 201.734 wisatawan berkunjung ke Kabupaten Probolinggo. Jumlah tersebut terbagi antara wisatawan mancanegara dan juga wisatawan nusantara.

Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, untuk wisatawan manca negara yaitu sekitar 5.588 orang. Sementara untuk wisatawan nusantara yaitu sekitar 196.146 orang.

Kasi Destinasi Wisata Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) setempat Musa menjelaskan, angka tersebut adalah capaian yang positif. Kunjungan wisata yang banyak tersebut juga aakan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Dengan begitu target PAD yang sekitar Rp 2 miliar akan terpenuhi,” ujarnya.

Menurutnya, hingga akhir tahun mendatang bukan tidak mungkin wisatawan yang berkujung ke Kabupaten Probolinggo sekitar satu juta orang. Menurutnya, angka tersebut akan tercapai. Tentunya dengan terus gencar mempromosikan destinasi wisata yang ada.

“Harus terus dipromosikan. Tidak boleh senang dengan yang telah ada. Karena promosi itu penting untuk kemajuan pariwisata,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, pada bulan puasa ini dipastikan tingkat kunjungan akan turun. Itu sudah terjadi setiap tahun. Karena itu, kata pria asli Kecamatan Sukapura itu, momen Ramadan ini sebenarnya bagus untuk berpromosi.

Tapi itu tidak membuat pemkab mengendurkan semangat. Apa lagi sebentar lagi adalah masuk dimana bulan wisatawan dari mancanegara berlibur.

Pendapat tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, promosi di ramadan ini adalah yang paling pas. Itu karena pada Lebaran mendatang, biasanya wisatawan akan menghabiskan liburan. Nah, agar mereka menuju Probolinggo, maka perlu promosi yang gencar.

“Jadi biar ada pandangan. Ketika para wisatawan itu dijajali oleh promosi wisata kabupaten, maka mereka akan berkunjung,” tandasnya. (sid/fun)