Tim SAR di Kota Pasuruan Baru Terpenuhi Separo

PURWOREJO – Baru separo jumlah anggota tim search and rescue (SAR) di Kota Pasuruan terpenuhi. Dari kebutuhan 30 anggota, saat ini anggota tim SAR hanya 15 orang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah mengatakan, jumlah anggota tim SAR di Kota Pasuruan memang masih kurang. Dengan 34 kelurahan dan empat kecamatan, jumlah anggota tim SAR idealnya 30 orang.

“Sejauh ini tim SAR yang dimiliki oleh Kota Pasuruan hanya 15 personil. Memang masih kurang. Cuma kami maksimalkan tenaga yang ada,”ungkapnya.

Ia menyebut, keberadaan tim SAR sangatlah penting. Utamanya, saat ada masalah kebencanaan di Kota Pasuruan. Mereka berfungsi mencari dan memberikan pertolongan pertama bagi korban bencana. Karena itu, BPBD selalu mengikutsertakan tim SAR.

Namun, karena jumlah personil yang ada belum ideal, mereka selama ini dibantu relawan tanggap bencana dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga, penanganan bencana dan korban dapat segera tertangani.

“Kami juga dibantu unsur relawan dalam penanganan kebencanaan di Kota Pasuruan. Unsur relawan ini sangat membantu agar masalah kebencanaan bisa tertangani dengan cepat,” terang Yanuar. (riz/fun)