Wow, Kab Pasuruan Dapat Kucuran Rp 5,2 M untuk Pengembangan Wisata

PURWOREJO – Kabupaten Pasuruan mendapatkan dana pengembangan wisata cukup besar tahun ini. Yaitu, Rp 5,2 miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk pengembangan potensi wisata di sekitar Bromo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan Agung Maryono melalui Kabid Industri Pariwisata Budi Shoreanto mengatakan, anggaran tersebut berasal dari DAK dana penugasan. “Anggaran totalnya mencapai Rp 5,2 miliar. Tak hanya untuk menambah sarana prasarana wisata di Pasuruan. Juga untuk rest area menuju Bromo,” terangnya.

Nantinya, anggaran paling besar digunakan untuk pembangunan rest area di Desa Puspo, Kecamatan Puspo. Nilainya mencapai sekitar Rp 2 miliar. Dengan dana itu, akan dibangun tempat parkir, kantor informasi, termasuk toko suvenir.

Dari dana itu, juga akan dibangun sarana dan prasarana di wisata lokal. Misalnya di Ranu Grati dan Banyubiru. Di Ranu Grati, menurut Budi, bakal dibangun gapura, tambahan papan informasi, dan gardu pandang.

Sedangkan di Banyubiru bakal dibangun panggung hiburan dan gazebo untuk pengunjung. Selain itu, akan dibangun juga fasilitas pendukung wisata lainnya. Seperti toilet, tempat ibadah, dan sarana prasana lainnya, di jalur menuju ke Bromo.

Anggaran tersebut, menurut Budi, saat ini masih dalam tahap perencanaan. Targetnya, pengerjaan anggaran dari pusat ini bisa dilakukan pada triwulan ketiga. Sehingga, akhir tahun sudah bisa dimanfaatkan untuk wisatawan. Baik yang ke Bromo atau wisata lokal lainnya di Kabupaten Pasuruan. (eka/hn)