Ssstt… 17 CJH Kota Probolinggo Belum Lunasi BPIH

PROBOLINGGO – Sebanyak 17 calon jamaah haji (CJH) dari total 164 CJH di Kota Probolinggo belum melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Mereka terancam tidak bisa berangkat haji tahun ini, jika tidak melunasi Senin ini (15/4).

Batal pelunasan BPIH tahap pertama pada musim haji tahun ini memang tanggal 15 April. Seperti disampaikan Kasi Pelaksanaan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Probolinggo Muhammad Haris Hikmawan.

Menurutnya, pelunasan tahap pertama dilakukan tanggal 19 Maret-15 April. Sedangkan tahap dua mulai 30 April-10 Mei.

Kendati ada tahapan kedua, namun peruntukan pelunasannya diprioritaskan bagi yang mutasi. Karena itu, Kemenag Kota Probolinggo menyarankan agar CJH melunasi BPIH maksimal hari ini.

“Untuk tahap pertama, terakhir besok. Untuk pelunasan tahap dua, jika mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, hanya untuk yang mutasi saja. Untuk CJH di kota pelunasannya di tahap pertama,” terangnya.

Dari 17 CJH yang belum melunasi BPIH itu, menurutnya, 4 CJH wafat, 3 CJH sakit, 3 menunda keberangkatan dengan alasan menunggu mahram, dan 7 menunda keberangkatan.

Mereka yang menunda keberangkatan dan sakit menurutnya, berkesempatan berangkat haji pada tahun depan. Artinya, daftar ini tidak akan dicoret. Sehingga, tetap muncul dalam daftar CJH tahun berikutnya.

“Jadi, bila CJH sampai pada batas waktu yang telah ditetapkan tidak dapat melunasi, masuk pada kategori tunda. Dan, datanya akan muncul lagi di tahun berikutnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, akan ada rekap final setelah tahap satu dan dua. Baru setelah itu akan disampaikan secara lengkap datanya. Karena itu, data bisa berubah-ubah sebelum rekap final.

Diketahui jumlah CJH Kota Probolinggo tahun ini 164 orang. Jumlah tersebut dimungkinkan bertambah. Mengingat kuota pusat belum turun. (rpd/hn)