Satu Personel Polisi di Kab Probolinggo Bisa Amankan 6-10 TPS

CEK KESIAPAN: Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengecek personel saat apel di Mapolres Probolinggo. Itu adalah bagian dari kesiapan personel pengamanan pemilu. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PAJARAKAN – Ribuan petugas gabungan dari Polri, TNI, Linmas dan juga Satpol PP siap amankan pemilu 2019 ini di Kabupaten Probolinggo. Kesiapan tersebut, setelah dilakukan apel gelar pasukan di halaman Mapolres Probolinggo Minggu pagi (14/4).

Apel tersebut, langsung dipimpin oleh Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto. Semua pasukan yang akan mengamankan pemilu hadir dalam apel itu.

APEL BERSAMA: Ribuan Personel Gabungan saat apel di halaman Mapolres Probolinggo, Minggu (14/4) pagi. Dengan apel itu menunjukkan bahwa aparat siap mengamankan Pemilu 2019, 17 April mendatang. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Eddwi sapaan akrab kapolres mengatakan, dalam pengamanan Tempat Pemungutan suara (TPS), pihaknya akan mengerahkan sekitar 486 personel. Itu akan dikerahkan demi terciptanya pemilu yang aman dan damai.

“Jumlah tersebut akan mengamankan TPS se-Kabupaten. Satu orangnya akan mengamankan 6 sampai 10 TPS,” terangnya.

Selain dari pihak kepolisian lanjutnya, nantinya akan dibantu oleh pihak TNI sekitar 310 personel, Satpol PP sekitar 60 orang. Yang paling banyak, yaitu dari linmas sekitar 5.625 personel.

“Kami telah pemetaan terhadap lokasi-lokasi yang jauh dan tersulit medannya. Untuk itu, kami sudah melengkapi anggota yang bertugas di lokasi yang medannya sulit dilalui dengan kendaraan yang bisa menjangkau lokasi TPS,” tambahnya.

Lebih lanjut, para petugas tersebut bergeser ke lokasi mulai Minggu sore. Mereka bertempat di lokasi yang telah ditentukan. “Jadi nanti sore langsung berangkat. Mereka langsung menempati TPS yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk titik kerawanan di wilayah hukumnya, yaitu di sebanyak 2992 TPS masuk dalam kategori kurang rawan. Sehingga, pihaknya memastikan tidak ada zona rawan di wilayahnya.

“Semoga pemilu ini berjalan lancar dan damai. Tidak ada satu kendala yang harus dilewati,” harapnya. (sid/fun)