Pertumbuhan Ekonomi Kota Pasuruan Selama Tiga Tahun Terakhir Meningkat

PADAT: Kawasan permukiman di Kota Pasuruan. Pemkot mengklaim pertumbuhan di Kota Pasuruan meningkat dalam kurun waktu tiga tahun belakangan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Pemkot Pasuruan memastikan tingkat pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan semakin baik. Dalam tiga tahun terakhir, tingkat pertumbuhan terus meningkat. Kondisi ini berbanding lurus dengan pendapatan per kapita masyarakat yang juga terus meningkat.

Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Pasuruan Adri Joko Srijono mengungkapkan, tingkat pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan terus meningkat. Diketahui, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 mencapai 5,46 persen. Angka ini meningkat pada tahun 2017 menjadi 5,47 persen. Sementara tahun lalu, tercatat 5,49 persen.

Kondisi ini juga terlihat pada pendapatan per kapita masyarakat yang juga terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2016, pendapatan per kapita Kota Pasuruan mencapai Rp 30,05 juta dan meningkat pada 2017 menjadi Rp 31,04 juta. Lalu di tahun 2018 kembali meningkat yang mencapai Rp 31,93 juta.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan dalam tiga tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Kondisi serupa juga terjadi di pendapatan per kapita dari kurun 2016-2018,” ungkapnya.

Adri Joko -sapaan akrabnya- menjelaskan, meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan tidak terlepas dari semakin baiknya infrastruktur di Kota Pasuruan. Mulai jalan dan sarana pendukung lainnya. Sehingga, investasi dari luar daerah juga ikut membaik.

“Investasi juga ikut meningkat dampak dari infrastruktur di Kota Pasuruan yang baik. Kondisi ini terus kami upayakan terus meningkat setiap tahunnya,” pungkas Adri Joko. (riz/fun)