Diterjang Angin Kencang, Rumah Warga Pakuniran Tertimpa Pohon

DIBERSIHKAN: Seorang pemotor melintas di jalan menuju Dusun Tegalan, Desa Tambakukir, Kecamatan Kotaanyar, yang sempat tertimbun longsor. (BPBD Kabupaten Probolinggo for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PAKUNIRAN – Warga Dusun Taman, Desa Sumberkembar, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Raisa harus rela rumahnya rusak. Sabtu (13/4), atap rumahnya rusak setelah tertimpa pohon tumbang. Syukur, tak sampai ada korban jiwa.

Dari informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, sesaat sebelum kejadian, mulai sekitar pukul 13.00, hujan disertai angin kencang melanda Desa Sumberkembar, Kecamatan Pakuniran. Sekitar pukul 14.00, salah satu pohon di sekitar rumah Raisa tumbang. Raisa yang berada di dalam rumah berusaha kabur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pemilik rumah, Raisa berhasil selamat dari reruntuhan. “Pemilik rumah selamat, meski rumahnya rusak,” ujarnya.

Anggit mengaku, setelah mendapatkan laporan adanya bencana alam ini, pihaknya langsung mendatangi lokasi. Kerusakan rumah Raisa tidak parah. Hanya di bagian atau dan rumah masih berdiri kokoh. “Tidak terlalu parah. Cuma ada beberapa genting yang runtuh,” ujarnya.

Selain pohon tumbang, jalan menuju Dusun Tegalan, Desa Tambakukir, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, tertimbun longsor. Akibatnya, akses transportasi menuju dusun tersebut terputus. “Langsung dibersihkan oleh warga. Sehingga, Sabtu itu kendaraan roda dua sudah bisa masuk. Tapi, untuk roda empat tidak bisa masuk,” ujarnya.

Kemarin, Anggit mengaku mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu warga membersihkan sisa material longsor. “Sudah kami bersihkan. Dan, jalannya sudah bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat,” ujarnya. (sid/rud)