Butuh Rp 200 Miliar untuk Stadion di Wilayah Timur

LOKASI BANGIL: Stadion R Soedrasono yang berlokasi di wilayah Kelurahan Pogar, Bangil. Untuk menekan disparitas antara wilayah barat dan timur, pemkab berencana membangun stadion baru yang lokasinya di Grati. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GRATI – Pemkab berupaya menekan disparitas antara wilayah barat dan timur. Salah satunya adalah mengkaji dengan upaya untuk membangun stadion olah raga di wilayah Timur Kabupaten Pasuruan.

Tapi rencana itu juga tidak mudah. Sebab Pemkab Pasuruan harus membutuhkan anggaran setidaknya Rp 200 miliar, Lantaran dana terlalu besar, pemkab mengusulkan ke pemerintah pusat.

Pengajuan ke pusat itu diungkapkan Abdul Munif, Kepala Dispora Kabupaten Pasuruan. Dia mengatakan bahwa pada Januari 2019 lalu, Dispora sudah mengajukan proposal ke Kementreian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).

“Awal tahun ini masih pengajuan proposal, dan kebutuhan untuk pembangunan stadion di wilayah Timur setidaknya membutuhkan dana sebesar Rp 200 miliar,” terangnya.

Munif menambahkan, proposal ke Kemenpora ini memang masih tahap pengusulan. Pihaknya belum tahu apakah bakal disetujui atau tidak. Termasuk jika disetujui nantinya, dari Kabupaten Pasuruan belum bisa memastikan berapa yang disetujui dan kapan bisa terealisasi.

Namun, Munif meyakinkan bahwa upaya Pemkab Pasuruan untuk menekan disparitas wilayah salah satunya dengan membangun stadion olah raga di wilayah Timur. “Rencana kami dibangun di Grati. Nantinya bisa untuk tempat meningkatkan prestasi olah raga bagi masyarakat di wilayah Timur dan pemerataan juga,” terangnya.

Kebutuhan Rp 200 Miliar sendiri nantinya tidak hanya sebagai lapangan sepak bola. Tapi juga lintasan atletik, tempat penonton dan sarana prasarana lainnya yang menunjang.

Rencana pembangunan stadion di wilayah timur, juga dibenarkan Agus Sutiadji, Sekda Kabupaten Pasuruan. Dia mengatakan bahwa pemkab berupaya untuk membangun stadion di Timur, Karena selama ini memang masih dipusatkan di Stadion Pogar, Bangil.

“Selama ini stadion memang masih ada di Bangil, kami upayakan akan dibangun di Grati. Karena Grati ini posisi tengah di wilayah Timur yang mudah dijangkau sekitar,” pungkasnya. (eka/fun)