Duh, 800 Rumah Warga Gempol Terendam Banjir

GEMPOL–Banjir kembali merendam ratusan rumah warga Desa/ Kecamatan Gempol, Rabu pagi (6/3). Ratusan rumah yang terendam banjir itu tersebar di tiga dusun. Mulai Wonoayu, Gempol dan Tanjung.

“Banjirnya terjadi sejak Selasa (5/3) malam, berlanjut hingga sekarang (Rabu). Banjir terjadi usai desa kami diguyur hujan lebat. Dari pendataan kami, sedikitnya sekitar 800 rumah warga terendam,” kata Kades Gempol, M. Chamdi.

Ketinggian air yang merendam rumah warga, ia sebutkan bervariatif. Kedalaman rata-rata 20-60 sentimeter. Meskipun banjir, warga tetap beraktivitas dengan normal.

“Upaya kami hanya kerja bakti saja, membersihkan sampah yang menyumbat saluran air. Selebihnya tidak ada, tentunya pemdes dan pemuda juga warga lainnya tetap standby dilapangan,” ujarnya.

Disisi lain, kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bhakti Jati Permana mengaku sudah mendapat laporan terkait banjir di Gempol. “Untuk banjir di Gempol kami sebatas pemantauan saja, sekaligus monitoring. Karena sifatnya sesaat dan dangkal. Penempatan dapur umum, sejauh ini masih belum diperlukan,” jelas Bhakti. (zal/mie)