Rampung Dibangun, Pasar Sumber Belum Ditempati, Ini Penyebabnya

SUMBER – Revitalisasi Pasar Sumber, Kabupaten Probolinggo, telah rampung sejak tahun 2018. Namun, sejauh ini bangunan los yang diperkirakan dapat menampung 40 pedagang ini belum dioperasikan. Alasannya, masih tahap pendataan dan penataan pedagang.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub melalui Kasi Pengelolaan Pasar Taufiq mengatakan, pihaknya akan menata pedagang di Pasar Sumber. Namun, pihaknya masih akan menyosialisasikan sebelum menata para pedagang. “Baru setelah penataan dan pendataan selesai, bisa ditempati,” ujarnya.

Taufiq mengatakan, Pasar Sumber yang dibangun tahun kemarin sudah rampung. Rekanan juga sudah menyerahkan hasil pengerjaannya ke Disperindag. Kini, bangun itu masuk tahap pemeliharaan selama 6 bulan ke depan. “Sudah diresmikan dan diserahkan. Tapi, masih dalam tahap pemeliharaan,” ujarnya.

Untuk membangun pasar ini, Pemkab Probolinggo mengalokasikan anggaran Rp 1,3 miliar dari APBD 2018. Selain Pasar Sumber, Pemkab juga memperbaiki Pasar Pajarakan dengan anggaran Rp 1 miliar; Pasar Banyuanyar Rp 1 miliar; Pasar Krucil Rp 1 miliar; dan Rp 5,6 miliar untuk Pasar Bantaran. (mas/rud)