Luas Tutupan Lahan di Kota Pasuruan Belum Ideal

PASURUAN – Luasan tutupan lahan di Kota Pasuruan belum ideal. Indikatornya, luas ruang terbuka hijau (RTH) sampai saat ini masih 26 persen dari luas total seluruh wilayah. Kurang 4 persen dari syarat minimal 30 persen, seperti yang diamanatkan UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan Rudiyanto menjelaskan, luasan tutupan lahan di wilayah kerjanya saat ini memang masih belum sesuai dengan ketentuan. Sebab, luasan tutupan lahan yang mestinya dipenuhi paling sedikit 30 persen dari luas wilayah.

Rudi –sapaan akrabnya – menambahkan, tutupan lahan sendiri terdiri atas ruang terbuka hijau publik dan ruang terbuka hijau privat. “RTH publik itu pengelolaannya oleh pemerintah. Seperti taman, hutan kota, dan alun-alun yang sudah dimiliki pemkot saat ini masih kurang,” terangnya, Jumat (2/3).

Sedangkan RTH privat merupakan lahan milik perseorangan atau masyarakat yang dimanfaatkan untuk kawasan hijau. Seperti tanaman, baik yang tumbuh alami maupun sengaja ditanam. Sektor pertanian, kata Rudi, juga menjadi salah satu penunjang tutupan lahan.

“Kalau mengacu pada regulasi itu, idealnya memang 30 persen dari luas wilayah diperuntukkan sebagai tutupan lahan. Sementara, tutupan lahan di Kota Pasuruan saat ini mencapai 26 persen,” kata dia.

Diketahui, luas wilayah Kota Pasuruan sendiri mencapai 36,58 kilometer persegi. Sedangkan kebutuhan tutupan lahan yang berkisar 30 persen, seharusnya luas tutupan lahannya 10,97 kilometer persegi. Namun, hingga saat ini luas tutupan lahan di Kota Pasuruan seluas 9,51 kilometer persegi.

Karena itu, pihaknya tetap berupaya untuk memenuhi luasan tutupan lahan hingga mencapai angka minimal. Di antaranya dengan melakukan pemeliharaan rutin tanaman yang ada di taman-taman maupun alun-alun agar tetap asri.

“Karena tutupan lahan ini juga berfungsi untuk mengantisipasi banjir. Semakin luas tutupan lahan di satu wilayah, maka daya serapan air juga akan semakin tinggi,” jelasnya. (tom/fun)