Distribusi Air PDAM Kota Pasuruan Tersendat, Ini Penyebabnya

PASURUAN–Selama dua hari terakhir, saluran air PDAM untuk sejumlah warga di Kota Pasuruan belum bisa mengalir normal. Penyebabnya, ada pipa induk yang pecah.

Kasubbag Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Pasuruan Khoirul Anwar membenarkan ada saluran pipa induk yang pecah. Lokasinya di Desa Sidepan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Tidak jauh dari rumah produksi di sumber Umbulan. Pipa diameter 350 milimeter itu pecah sejak Selasa (26/2) sore.

“Kebetulan saat itu kami sedang melakukan perbaikan untuk pipa yang tersalur ke Panggungrejo karena ada beberapa kebocoran di sana,” kata Khoirul, Jumat (1/3).

Sebelum proses perbaikan itu selesai, diketahui ada pipa induk yang pecah. Petugas PDAM pun langsung mengatasi persoalan tersebut. “Struktur agregat jalan yang banyak batu belah ketika kena beban berat menyebabkan pipa induk kami pecah,” ungkap dia.

Menurut Khoirul, perbaikan yang dilakukan memakan waktu belasan jam. Selain memperbaiki, pihaknya juga harus mengeluarkan angin yang masuk ke saluran pipa. Hal itu dilakukan agar saluran air ke pelanggan bisa kembali normal.

“Pipa induk yang pecah itu merupakan saluran ke kawasan Wahidin, Bugul Permai, dan kawasan Pemandian PSK. Kawasan Panglima Sudirman juga sebagian terkena imbasnya, sehingga saluran air memang sempat mati,” jelasnya.

Kendati demikian, ia memastikan setelah perbaikan selesai, saluran air akan kembali normal. Hanya saja, kelancarannya masih memerlukan waktu selama dua hingga tiga hari. Pihaknya pun meminta agar masyarakat lekas melapor apabila aliran air masih belum normal.

“Sebab, meskipun angin yang ada di pipa induk sudah dikeluarkan, tidak menutup kemungkinan masih ada di saluran ke pelanggan. Makanya, kami deteksi secara menyeluruh,” ucapnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan terus memantau saluran air hingga menuju rumah pelanggan. “Sejauh ini, sebagian besar sudah mengalir,” tandasnya. Saluran PDAM yang Terhambat di Kota Pasuruan:

  • Saluran ke kawasan Wahidin
  • Saluran ke kawawan Bugul Permai
  • Saluran ke kawasan Pemandian PSK
  • Sebagian saluran ke kawasan Jalan Panglima Sudirman. (tom/hn)