Tepergok Bobol Rumah, Maling asal Gunting Babak Belur di Massa di Purwosari

PURWOSARI – Akhmad, 44, warga Dusun Krajan, Desa Gunting, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan. Menjadi bulan-bulanan massa, Jumat (1/3). Pasalnya, ia tepergok membobol rumah milik M. Saroni, 25, warga Dusun Purwo, Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, sekitar pukul 15.00.

Akhmad membobol rumah korban yang ada di Dusun Kembang Kuning, Desa Sengonagung, Kecamatan Purwosari. “Pelaku ini sempat kabur, tapi berhasil tertangkap. Sempat babak belur dimassa dan sesaat kemudian kami amankan,” ungkap Kanitreskrim Polsek Purwosari Aiptu Hariyanto.

Akhmad melakukan aksinya tidak seorang diri. Rekan pelaku diketahui kabur setelah aksinya dipergoki korban. Sampai saat ini, polisi masih memburu pelaku tersebut. “Eksekutor pencuriannya yang tertangkap ini. Sedangkan rekannya ada di luar sebagai joki mengendarai motor,” terangnya.

Lebih lanjut, awalnya pelaku dan rekannya mengendarai motor jenis Yamaha Vega berboncengan. Kemudian Akhmad masuk ke dalam rumah dan warung milik korban. Pelaku masuk dengan cara membuka pintu belakang, kemudian menuju ke kamar dan selanjutnya mengambil kunci lemari yang tergantung di dinding.

“Pelaku ini sempat mengambil satu buah HT (Handie Talkie, Red) di dalam lemari milik korban. Tapi, akhirnya dibuang saat dikejar warga dan kemudian tertangkap,” tuturnya.

Selain mengamankan seorang pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu buah HT dan satu kunci T. Kini, baik pelaku dan barang buktinya sama-sama berada di mapolsek setempat.

“Pelaku merupakan residivis, baru delapan bulan keluar dari penjara. Atas perbuatannya, ia dijerat pasal 363 KUHP dan ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara,” tegasnya. (zal/fun)