99 Persen Surat Suara DPR RI-Jatim di Kota Pasuruan Layak Digunakan

PASURUAN – Selama sepekan, KPU Kota Pasuruan telah merampungkan penyortiran dua jenis surat suara untuk Pemilu 2019 mendatang. Dari sejumlah surat suara yang diterima, 99 persen di antaranya dalam kondisi layak digunakan.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fatoni membeberkan, surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI dan DPRD Jawa Timur yang diterima KPU sebelumnya, masing-masing diperkirakan sebanyak 150.500 lembar. Hal itu mengacu pada jumlah boks berisi surat suara yang dikirim ke KPU Kota Pasuruan beberapa waktu lalu.

Jumlahnya sebanyak 301 buah boks, dimana setiap boksnya berisikan 500 lembar surat suara. Namun dalam proses penyortiran, jumlahnya tak sesuai. “Surat suara DPR RI sebanyak 150.242 lembar, sedangkan untuk DPRD Jatim 149.914 lembar,” kata Fuad.

Itu artinya masih terdapat kekurangan untuk dua jenis surat suara tersebut. Pasalnya, kebutuhan surat suara di Kota Pasuruan sebanyak 150.766. Angka itu ditentukan berdasarkan daftar pemilih tetap serta penambahan 2 persen pemilih di tiap TPS.

“Hasil penyortiran dari surat suara yang kami terima, 99 persen kondisinya layak digunakan. Sementara, surat suara yang rusak tidak banyak. Surat suara DPR RI yang rusak jumlahnya 91 lembar, kalau DPRD Jatim 92 lembar,” ujar Fuad.

Dia juga mengaku telah menyampaikan laporan terkait hasil penyortiran surat suara tersebut ke KPU Jawa Timur. Termasuk adanya kekurangan maupun surat suara yang ditemukan dalam kondisi rusak.

Disamping menyortir, kata Fuad, pihaknya juga melakukan pelipatan surat suara tersebut. Surat suara yang telah dilipat, kemudian dimasukkan dalam kotak suara sesuai dengan kebutuhan di TPS. Kotak suara yang berisi surat suara itu disimpan dalam gudang, sebagian lainnya di dalam kantor KPU.

“Kami juga di-backup penuh oleh pihak kepolisian untuk menjaga dan memastikan surat suara ini tetap aman,” pungkasnya. (tom/fun)