15 Jalan Lingkungan Rusak Berat, Bakal Dibenahi dengan Anggaran Segini

PASURUAN – Belasan ruas jalan lingkungan di Kota Pasuruan kondisinya rusak berat. Jumlahnya total ada 15 titik. Karena itu, upaya peningkatan jalan direalisasikan tahun ini.

Kabid Kawasan Permukiman di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan Uung Maf’udi membeberkan, sedikitnya ada 15 titik jalan lingkungan yang kondisinya rusak berat. Lokasinya tersebar di empat kecamatan.

“Sebagian merupakan jalan aspal yang kondisinya saat ini sudah mulai mengalami kerusakan berat,” kata dia, Rabu (27/2).

Lantaran itu, pihaknya merencanakan peningkatan jalan tahun ini. Sebelumnya, Dinas Perkim juga telah mempertimbangkan skala prioritas untuk peningkatan jalan di beberapa lokasi. Data yang digunakan diperoleh dari usulan kelurahan dan kecamatan pada Musrembang yang digelar untuk pembangunan tahun 2019.

“Setelah itu kami lakukan survei dan menentukan skala prioritasnya. Hasilnya, ada 15 titik itulah yang mesti dilakukan peningkatan,” bebernya.

Anggaran yang disediakan untuk peningkatan jalan itu senilai Rp 4.008.253.000. Dana itu dialokasikan dari APBD 2019. Uung merinci, lokasi jalan yang akan diperbaiki sebanyak tujuh titik di Kecamatan Purworejo, dua titik di Kecamatan Gadingrejo, serta masing-masing tiga titik di Kecamatan Panggungrejo dan Bugul Kidul.

“Kerusakan yang terjadi seperti lapisan aspal yang sudah hancur. Sehingga, diperlukan peningkatan dengan pengaspalan hotmix agar lebih awet,” pungkasnya. (tom/fun)