Pemberkasan Lahan Tol Paspro Diprediksi Selesai 2 Bulan Lagi

PROBOLINGGO – Rencana pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi IV terus digenjot. Hingga saat ini proses persiapan pembangunan seksi IV masih tahap pemberkasan. Diperkirakan tahapan pemberkasan lahan yang akan dilalui tol Paspro seksi IV membutuhkan waktu 2 bulan ke depan.

Agus Minarno, PPK Proyek Tol Paspro mengatakan, proyek pembangunan jalan tol Paspro mulai dari Grati, Pasuruan sampai Leces, Kabupaten Probolinggo, berjalan dengan lancar. Sisa seksi IV yang masih dalam tahap persiapan. Dimana, pihaknya saat ini masih fokus pada pemberkasan lahan yang akan dilalui tol Paspro seksi IV.

”Kalau pengukuran sudah, Mas. Tol Paspro seksi IV, sekarang masih tahap pemberkasan,” katanya pada Jawa pos Radar Bromo, Selasa (26/2).

Agus menjelaskan, proses pemberkasan ini membutuhkan waktu sekitar 2 bulan ke depan. Sebab, dalam proses pemberkasan ini dibutuhkan ketelitian dan verifikasi yang benar. Sebab, itu berkaitan dengan status tanah dan ganti ruginya. Jangan sampai, ganti rugi itu nantinya diserahkan pada yang bukan hak pemilik lahan itu. ”Proses pemberkasan sendiri, kira-kira memakan waktu sekitar 2 bulan,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Agus, baru tahap inventarisasi lahan yang akan dilalui tol Paspro seksi IV. Mulai dari bangunan, tanaman dan apa saja yang ada di atas lahan itu. Sehingga, nantinya pembayaran ganti rugi pada pemilik lahan itu sudah termasuk bangunan, tanaman, ataupun di atas lahan itu.

”Semoga saja bisa segera dibebaskan lahan semuanya. Jadi, bisa cepat pengerjaannya,” harapnya.

Diketahui sebelumnya, jalan tol seksi IV ini diperkirakan sepanjang 12,5 km yang akan melalui di 6 kecamatan 18 desa. Sekitar 900 bidang lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan proyek jalan tol tersebut. enam kecamatan itu mulai Kecamatan Leces, Tegalsiwalan, Dringu, Banyuanyar, Gending, dan Maron. Dari 900 bidang tanah yang akan dilalui jalan tol, ada sekitar 8 bidang tanah kas desa yang akan terkena dampak jalan tol. Seperti tanah kas Desa Pajurangan dan Sumberkerang, Gending. (mas/fun)