Pelebaran Jalur Pantura Gending Probolinggo Ditarget Rampung Tahun Ini

DIBETON: Sejumlah kendaraan melintas di Jalur Pantura, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending. Lebar jalan ini ditambah 4 meter dan sudah di-rigid. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GENDING – Sejumlah pekerja terlihat sibuk mengerjakan pelebaran Jalur Pantura, di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Senin (25/2). Jalan sepanjang 7,15 kilometer yang lebarnya akan ditambah 4 meter itu ditarget rampung tahun ini.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, pelebaran jalan di Jalur Pantura mulai dari Desa Curahsawo sampai Desa Randupitu, Kecamatan Gending, sudah lama digarap. Lebar sisi utara jalan ditambah 4 meter dan dilengkapi dengan drainase. Empat meter jalan yang dilebarkan itu sebagian sudah di-rigid.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional Wilayah Probolinggo-Situbondo Tommy Andika mengatakan, perbaikan Jalan Raya Gending, Kabupaten Probolinggo, merupakan program anggaran multiyears 2018-2019. Tahun kemarin, pihaknya sudah melakukan perencanaan dan persiapan. Tahun ini dilanjutkan dengan pengerjaannya.

“Pengerjaan pelebaran Jalan Raya Gending sepanjang 7,15 kilometer itu mulai dikerjakan sejak awal 2019. Nantinya jalan ini akan dilebarkan sampai 4 meter dari bahu jalan yang sudah ada,” ujarnya.

Tommy mengatakan, pelebaran Jalan Raya Gending dilakukan ke sisi utara jalan. Sebab, di sisi selatan jalan ada rel bekas perlintasan kereta api. Syukur lahan di sisi utara jalan cukup untuk proyek pelebaran ini. “Pelebaran jalan 4 meter hanya di sisi utara. Karena di sisi selatan jalan ada rel kereta,” ujarnya.

Proyek pelebaran Jalan Raya Gending ini, menurut Tommy, dialokasikan sekitar Rp 185,2 miliar. Namun, anggaran ini tidak hanya untuk pelebaran Jalan Raya Gending. Melaikan satu paket dengan perbaikan sejumlah titik jalan di sepanjang sekitar 96 kilometer mulai Probolinggo sampai Situbondo. “Termasuk juga perbaikan total Jalan Raya Kraksaan, masuk dalam satu paket ini,” ujarnya.

Tommy mengatakan, perbaikan total nanti akan dikerjakan di kilometer 105 sampai kilometer 112. Sesuai program multiyears, pengerjaannya ditargetkan rampung tahun ini. “Kami targetkan pelebaran jalan ini selesai sebelum akhir tahun ini,” ujarnya. (mas/rud)