CPNS yang Lolos di Kota Probolinggo Tinggal Menunggu SK

KEDOPOK – Peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Probolinggo yang lolos kini hanya tinggal selangkah lagi untuk menjadi abdi negara. Saat ini Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota setempat telah menyelesaikan tahap pemberkasan dan mengirim ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Kepala BKPSDM Rachmadeta Antariksa menyampaikan bahwa Kota Probolinggo telah menyelesaikan tahap pemberkasan. Dari 124 kuota yang tersedia, hasilnya 117 formasi telah terisi. Pada 21 Februari lalu, BKPSDM telah menerima hasil penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Selanjutnya, BKPSDM akan memproses untuk pembuatan SK 117 CPNS yang telah lolos. Nantinya, SK akan ditandatangani oleh Wali Kota Probolinggo. Menurutnya, di Jawa Timur sendiri untuk pemberkasan masuk 10 kota/kabupaten tercepat. “Di Jawa Timur, Kota Probolinggo masuk 10 kota/kabupaten tercepat dalam menyelesaikan proses pemberkasan,” bebernya.

Sebanyak 117 CPNS tinggal dibuatkan SK, setelah menerima SK BKPSDM akan mengundang mereka untuk diberikan pengarahan. Salah satunya mengenai formasi dan penempatan.

Menurut Rachmadeta, terkait penempatan, tidak ada perubahan. Semua sesuai dengan formasi yang diisi oleh CPNS yang bersangkutan.

“Jadi, suatu misal ketika pelamar mendaftar di intansi A, maka setelah dinyatakan diterima yang bersangkutan akan menempati formasi yang dipilihnya,” tandasnya.

Dalam waktu dekat, BPKSDM akan segera menyelesaikan proses penyelesaian SK pengangkatan CPNS menjadi PNS. BKPSDM menargetkan per 1 Maret 2019, PNS akan mulai bekerja. “Per 1 Maret PNS akan langsung menerima gaji. Selama 2 bulan para PNS masih akan mengikuti diklat prajabatan,” pungkasnya. (rpd/fun)