Rp 200 Juta untuk 50 Unit Kios Tambahan Pasar Sukorejo

SUKOREJO – Tambahan kios di pasar Sukorejo sudah mulai dikerjakan. Kios tambahan itu ditujukan untuk para pedagang yang belum ter-cover pasca dibangunnya los dan kios di tahun sebelumnya.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo mulai dibangun sejak Senin (18/2). Tampak sejumlah pekerja, melakukan pengalian fondasi. Diawali di sisi sebelah utara bangunan pasar yang selesai dibangun tahun lalu.

“Pembangunan kios barunya di Pasar Sukorejo mulai dilakukan. Saat ini masih tahap awal pekerjaan kontruksi fisiknya,” ucap Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Disperindag Kabupaten Pasuruan Syaifudin Zuhri.

Pembangunan kios tambahan ini, ia katakana, jumlahnya hanya 50 unit saja. Pembangunannya dibiayai dari APBD tahun anggaran 2019, dan nilainya hanya Rp 200 juta saja. Pembangunan itu melalui proses penunjukkan langsung (PL), dan dikerjakan CV. Cahaya Jaya Abadi dari Pandaan.

“Lokasinya memanfaatkan lahan yang ada, di sekitar bangunan pasar selesai dibangun tahun kemarin. Tepatnya sisi sebelah utara, selatan dan barat dengan jangka waktu kalender kerja 90 hari,” katanya.

Terpisah, Suparman, selaku pengawas lapangan dari CV. Cahaya Jaya Abadi mengatakan, saat ini fokus pada tahap awal dulu. Yakni penggalian fondasi kios tambahan, bentuknya partisi dan bagian atapnya menggunakan galvalom.

“Sebelah utara ukurannya 3×2 meter dan berhadapan atau dua sisi. Kemudian sebelah selatan 3×2 meter satu sisi saja. Lalu sebelah barat ukurannya menyesuaikan lahan dan hanya satu sisi,” bebernya. (zal/fun)