Dewan Usulkan Timsus Awasi Lalu Lintas di Kota Probolinggo

MAYANGAN – Uji coba parkir di sekitar Pasar Baru yang sedang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo, mendapat atensi dari Komisi I DPRD setempat. Komisi I meminta Dishub membentuk tim khusus (timsus) untuk memantau kawasan tertib lalu lintas ini.

Ketua Komisi I DPRD Abdul Azis menjelaskan, pihaknya sudah lama mengusulkan pembentukan kawasan tertib lalu lintas pada Dishub. Uji coba parkir di Jalan Panglima Sudirman menurutnya, merupakan salah satu usulan Komisi I tentang kawasan tertib lalu lintas.

Dan kini, Komisi I mengusulkan ada timsus untuk memantau kawasan ini. Timsus ini merupakan gabungan dari Dinas Perhubungan dan Satlantas.

“Kami mengusulkan kepada Dishub untuk membentuk kawasan tertib berlalu lintas. Dimana ada kawasan bebas parkir, kawasan tertib lalu lintas, dan kawasan dengan fasilitas parkir satu jalur,” ujar Azis panggilannya.

Namun, tidak sekadar membentuk kawasan tertib lalu lintas, tapi juga dibentuk timsus untuk mengawasi penerapan kawasan tertib lalu lintas. “Untuk menindak pelanggar ini, Dishub tidak memiliki kewenangan. Sehingga, perlu menggandeng Satlantas. Seperti melakukan tilang,” ujarnya.

Usulan komisi I tentang kawasan tertib lalu lintas misalnya, di Jl Suroyo, dr Soetomo, dan Gatot Subroto, dibuat parkir di satu sisi. Kemudian, kawasan bebas parkir di depan kantor Pemkot, dan depan Kodim. Serta, kawasan tertib lalu lintas di sekitar pasar baru.

Namun, Kadishub Kota Probolinggo Sumadi menjelaskan, tidak perlu ada timsus gabungan Satlantas dan Dishub. Sebab, sudah diwadahi dalam Forum Lalu Lintas.

“Dalam Forum Lalu Lintas ini juga melibatkan Satlantas dalam forum resmi. Kalau tidak resmi dalam bentuk pembinaan kepada kelompok-kelompok biker,” ujarnya.

Selain itu, keterlibatan Satlantas juga berjalan dalam uji coba parkir di sekitar Pasar Baru. Tidak sedikit pengguna kendaraan yang ditilang oleh satlantas.

“Bukan karena masalah tempat parkirnya, karena kalau soal parkir selama 2 minggu masih uji coba. Tapi, ditilang karena tidak pakai helm,” ujarnya. (put/hn)