Anggarkan Rp 125 Juta Pelatihan Wirausaha di 5 Kelurahan

PURWOREJO – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan terus berupaya meningkatkan skill kerja bagi warga Kota Pasuruan. Salah satunya dengan memberikan pelatihan wirausaha. Pelatihan ini menyasar 125 wirausaha baru tahun ini. Sedikitnya anggaran Rp 125 juta dialokasikan untuk menyukseskannya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan, Mahbub Effendi mengungkapkan pihaknya kembali melakukan pelatihan wirausaha tahun ini. sasarannya adalah 125 wirausaha yang tersebar di lima kelurahan di Kota Pasuruan.

“Setiap kelurahan sudah kami siapkan anggaran Rp 25 juta sehingga total kami siapkan sebesar Rp 125 juta. Masing-masing kelurahan yang diberi pelatihan sekitar 25 wirausaha baru,” katanya.

Pelatihan ini menyasar masyarakat yang sudah ikut pelatihan kerja dan memiliki usaha secara mandiri namun baru merintis. Pelatihan yang diberikan mencakup cara mengelola keuangan, teknik pemasaran dan multi level marketing (MLM).

Untuk dapat mengikuti pelatihan ini, masyarakat tidak dipungut biaya atau gratis. Namun, mereka memiliki usaha serta mereka merupakan warga Kota Pasuruan. Pelatihan sendiri diberikan selama satu minggu penuh.

“Yang diutamakan itu juga yang pernah mengikuti pelatihan kerja. Pelatihan ini diharapkan dapat mencetak kader wirausahawan yang berhasil. Tujuannya, untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran,” ungkapnya. (riz/fun)