Hanya Punya 3 Mobil Baca untuk Jangkau 24 Kecamatan di Pasuruan

BANGIL – Jumlah kendaraan baca yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan, jauh dari ideal. Dengan wilayah di 24 kecamatan, hanya tiga mobil baca yang dimiliki.

Sayangnya, penambahan tak bisa dilakukan tahun ini. Tiadanya ketersediaan anggaran menjadi alasan. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan Suwarno mengungkapkan, saat ini baru tiga unit kendaraan baca yang dimilikinya. Dua di antaranya, merupakan perpustakaan keliling.

Sementara satu lainnya, berupa mobil pintar. Dengan desa dan sekolah yang begitu banyak di 24 kecamatan, tiga mobil tersebut jauh dari ideal. “Sekarang desa dan kelurahan di Kabupaten Pasuruan ada 365. Belum lagi sekolahnya, sudah berapa. Jadi dengan kondisi tersebut, jelas sangat kurang,” urainya.

Ia menuturkan, bakal kembali mengusulkan pengadaan mobil baca tahun depan. “Apakah melalui APBD atau usulan ke pusat. Seperti yang telah kami dapatkan di tahun 2017, kami mendapat satu tambahan mobil baca. Sehingga, dengan tambahan itu, ada tiga mobil yang kami miliki,” pungkasnya. (one/hn)