Gudang Spon di Karangjati Pandaan Dilalap Api, 1 Truk Hangus

PANDAAN–Si jago merah Rabu siang (20/2) mengamuk di Bypass masuk Desa Karangjati, Kecamatan pandaan, Kabupaten Pasuruan. Sebuah gudang spon di timur jalan ludes dilalap api.

Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13.15. Kepulan asap berwarna pekat pun nampak dari kejauhan. Gudang spon itu diketahui milik Gati Waluyo, warga Kelurahan Jogosari, Kecamatan Pandaan.

“Munculnya api diketahui pertama kali muncul dari potongan spon sisi sebelah timur pojok. Kemudian menjalar ke yang lain dan api pun membesar,” jelas Usman, 60, pekerja gudang kasur spon.

Api juga melalap satu unit truk engkel yang diparkir di area gedung. Para pekerja gudang dibantu warga sekitar, serta petugas dari Polsek Pandaan dan Satlantas Polres Pasuruan yang mendatangi lokasi kejadian, langsung berupaya mengeluarkan barang-barang yang tersimpan di dalam gudang tersebut.

Dintaranya sejumlah motor milik para pekerja gudang, serta satu unit mobil. Puluhan kasur spon dan  barang–barang berharga lainnya juga berhasil diamankan.

“Truk tak sempat dikeluarkan, jadi ikut terbakar. Barang– barang lainnya berhasil diselematkan keluar. Sempat terjadi ledakan dua kali. Suara ledakan itu berasal dari dua roda truk meletus saat kebakaran berlangsung,” ungkapnya.

Sekitar 30 menit kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pemkab Pasuruan tiba dilokasi kejadian. Sekitar pukul 14.15, api berhasil dipadamkan petugas damkar Pemkab Pasuruan.

“Penyebab pasti kebakarannya, masih dalam proses lidik. Diduga kuat, kebakaran terjadi karena ada percikan arus pendek atau korsleting. Untuk sementara kami dalami saksi-saksinya dulu,” tutur Kapolsek Pandaan, Kompol Akhmad. (zal/mie)