Usai Serempet Ibu-Anak, Truk Tabrak Rumah di Mangkrengan, 3 Terluka

HILANG KENDALI: Kondisi truk yang dikemudikan Khoirul Islam asal Desa Pejarakan, Jabon usai menyerempet motor dan menabrak rumah di Mangkrengan, Grati. (Foto: Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GRATI-Rencana Siti Fatimah, 42 mengantarkan anaknya, Lailatul Karomah, 18 berangkat sekolah ke SMKN Grati urung terlaksana, Selasa (19/2). Itu lantaran ibu dan anak asal Dusun Pacinan, Desa Sedarum, Kecamatan Nguling, Kabupetan Pasuruan ini mengalami kecelakaan di jalan raya Mangkrengan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Motor yang dikendarai ibu dan anak itu terserempet sebuah dump truk. Peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 11.30. Siang itu, truk jenis muat nopol L 8480 UH yang dikemudikan oleh Khoirul Islam, 45, warga Desa Pejarakan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo berjalan dari arah barat ke timur. Truk itu melaju dengan kecepatan tinggi.

LUKA PARAH: Kondisi Siti Fatimah saat hendak dievakuasi. (Facebook)

Setibanya di jalan raya mangkrengan, truk berniat mendahului kendaraan di depannya dari arah kanan. Saat itulah tiba-tiba saja, truk berbelok ke kanan. Di saat yang bersamaan dari arah sebaliknya, melaju motor honda Astrea grand warna hitam nopol N 6730 XI yang dikemudikan oleh ibu dan anak itu.

Motor pun terserempet oleh dump truk. Akibatnya, Lailatul Karomah terpental ke kiri jalan sejauh satu meter sehingga menyebabkan pergelangan tangan sebelah kiri patah. Sementara, Siti Fatimah terjatuh ke kiri dan menyebabkan kaki kirinya terluka.

Usai menyerempet motor, truk terus melaju ke selatan dan menyasar rumah milik Endang Suparti di Dusun Krawan, Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati. Truk baru berhenti usai ban depan sebelah kiri masuk ke dalam kolam lele berukuran 3×5 meter.

Pengemudi truk mengalami luka pada jari kaki sebelah kanan usai terjepit. Sementara, truk mengalami pesok pada bagian depan, namun  motor Astrea grand tidak mengalami kerusakan apapun. Pengemudi truk beserta ibu dan anak yang alami luka, lantas dibawa ke RSUD Grati.

HANCUR: Kondisi truk saat menabrak rumah milik Endang. (Facebook)

Sementara itu selain merusak bangunan, kecelakaan itu jua membuat gudang dan kolam lele berukuran 10 x 7 meter pun alami kerusakan.

“Pengemudi truk tiba-tiba saja oleng ke kanan. Kebetulan kondisi jalan dalam keadaan lengang dan menabrak rumah saya sebelum berhenti karena ban depannya masuk ke kolam lele. Untung, saat itu tidak ada orang. Saya kebetulan di luar,” jelas Endang Suparti.

Kanit Laka Satlantas Polresta Pasuruan, Iptu Ahmad Jayadi menjelaskan, dari hasil pemeriksaan saksi dan olah tempat kejadian perkara (TKP), diketahui jika pengemudi dump truk lalai dalam mengemudi. Ia mendahului kendaraan dari arah kanan.

“Kedua barang bukti (BB) ini sudah diamankan ke Unit Laka Satlantas Polresta Pasuruan. Pihak yang bersalah adalah pengemudi truk karena ia mendahului dari lajur kanan. Penyebabnya ini yang masih kami telusuri karena human error atau faktor lainnya,”ungkap Jayadi. (riz/mie)