Pemuda Tamping di Rembang Diringkus lantaran Edarkan Uang Palsu

REMBANG – Polisi membekuk Iswanto, warga Tamping, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Kamis petang (14/2). Penangkapan tersebut dilakukan, setelah lelaki 26 tahun tersebut diduga menjadi pengedar uang palsu.

Kapolsek Rembang, AKP Bambang Sucahyono mengungkapkan, penangkapan tersebut bermula dari keresahan warga atas peredaran uang palsu di wilayah Rembang. Petugas pun kemudian melakukan penelusuran atas beredarnya uang palsu di wilayah Rembang itu.

Hingga penelusuran yang dilakukan, mengarah ke tersangka Iswanto. Petugas kemudian mendatangi rumahnya untuk melakukan penggeledahan.

“Setelah kami lakukan penggeledahan, kami menemukan 10 lembar uang palsu dengan nominal Rp 100 ribuan,” kata Kapolsek.

Atas temuan itulah, tersangka kemudian digelandang ke Mapolsek Rembang untuk penyidikan. Dari pemeriksaan petugas, diketahui kalau tersangka sudah sebulan terakhir menjadi pengedar uang palsu.

Selama itu pula, ia sudah mengedarkan kurang lebih uang palsu sebanyak Rp 5 juta. “Tersangka memperoleh lembaran uang palsu itu dari TRD yang kini masih menjadi buronan polisi,” sambungnya.

Kini, karena perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal 245 KUHP tentang peredaran uang palsu. Ancamannya, 15 tahun penjara. (one/fun)