PDAM Kab Pasuruan Target Ada 1.236 Pelanggan Baru Tahun Ini

BANGIL – Manajemen PDAM Kabupaten Pasuruan menargetkan kenaikan pelanggan. Setidaknya, tahun ini lebih dari seribu pelanggan baru akan menjadi incaran.

Hal itu diungkapkan Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan Za’ari. Ia mengungkapkan, peluang penambahan pelanggan baru masih terbuka. Sebab, selain wilayah Kabupaten Pasuruan yang luas, juga dipengaruhi banyaknya rumah yang membutuhkan sambungan PDAM.

“Peluang penambahan pelanggan masih terbuka. Wilayah yang luas dan banyak rumah yang membutuhkan air PDAM menjadi faktornya,” tandasnya.

Saat ini jumlah pelanggan PDAM Kabupaten Pasuruan mencapai 24.830 pelanggan. Pihaknya mengancang-ancang bisa menambah hingga lebih dari seribu pelanggan baru. “Target kami, ada tambahan 1.236 pelanggan baru sepanjang 2019 ini,” ulasnya.

Target tersebut, dinilai anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan Rohani Siswanto akan sulit dipenuhi. Pasalnya, banyak jaringan pipa PDAM di Kabupaten Pasuruan yang rusak.

Hal itu, jelas memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. “Air yang sering mati, jelas memengaruhi kepuasan pelanggan,” nilainya.

Penambahan itu pun akan sulit diwujudkan, jika PDAM Kabupaten Pasuruan tak melakukan pembenahan. Perbaikan pipa yang rusak harusnya dilakukan secara baik.

“Bukan sekadar dibenahi dengan cara penambalan atau penutupan lubang pada pipa yang rusak. Tetapi, penggantian jaringan pipa. Supaya, tidak lagi ada kebocoran,” jelasnya. (one/hn)