Asyik Nonton TV, Warga Purwodadi Dibacok Tetangga yang Alami Gangguan Jiwa

PURWODADI – Nahas menimpa Abdul Cholik, 50, warga Desa Semut, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Jumat (15/2) malam, dia tersungkur usai kepalanya dibacok tetangganya, Hurmatihim. Syukur, ia segera ditolong saudara angkatnya, Zainal Abidin.

Insiden itu terjadi di rumah Zainal, di Desa Semut, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jumat (15/2) pukul 21.00 WIB. Kala itu, Abdul Cholik menyaksikan tayangan acara di salah satu stasiun televisi. Sedangkan, Zainal sibuk mengecat dinding rumahnya.

Hurmatihim yang juga warga setempat tiba-tiba datang sembari memaki-maki. Ia juga menenteng celurit. “Dia (Hurmatihim) datang sambil mengangkat celuritnya dan bertanya di mana Cholik. Saya bilang ada di dalam nonton TV dan makan,” ujar Zainal di Mapolsek Purwodadi, Sabtu (16/2).

Hurmatihim kembali memaki serta mengancam akan membacok Zainal. “Saya langsung menyauti ancaman itu. Berani kamu bacok saya?” kata Zainal menirukan ucapannya ke Hurmatihim.

Hurmatihim terdiam. Sementara Zainal melanjutkan pekerjaannya. Tanpa diketahui, Hurmatihim sudah masuk rumah dan membacok Cholik. Zainal mengaku mengetahui itu setelah mendengar teriakan Cholik. “Saya langsung lari ke rumah menyelamatkan Cholik,” ujarnya.

Warga juga berdatangan. Zainal dapat menaklukkan Hurmatihim. Celurit yang dipegangnya lantas dilucuti. Petugas kepolisian yang datang langsung mengamankan Hurmatihim. Sedangkan, Cholik dilarikan ke Puskesmas Purwodadi.

Kanit Reskrim Polsek Purwodadi Aiptu Joko Santoso mengaku, masih mendalami kasus pembacokan itu. Sejumlah saksi juga telah dimintai keterangan. Namun, pihaknya belum dapat memastikan status Hurmatihim.

“Terlapor saat ini berada RSJ Sumber Porong, Lawang. Karena berdasarkan informasi, dia mengalami gangguan jiwa. Kami juga menunggu hasil pemeriksaan pihak RSJ untuk memastikan statusnya dalam perkara ini,” ujar Joko. (tom/rud)