Kamar RSUD dr Moh Saleh Penuh, Pasien Dirawat di IGD

MAYANGAN–Tujuh pasien RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo terpaksa dirawat di IGD, Kamis (14/2). Sebab, ruang rawat inap RSUD penuh.

Wadir RSUD dr Mohamad Saleh dr. Taufiqurrahman mengatakan, rata-rata pasien yang berobat ke IGD RSUD setiap harinya mencapai 80 pasien. Sementara di hari biasa, sekitar 60 pasien. Jumlah ini menurutnya, mempengaruhi ketersediaan jumlah kamar.

Saat ini ruang rawat inap penuh. Sehingga, ada tujuh pasien yang dirawat di IGD. Meski demikian, menurutnya, layanan fasilitas yang diberikan sama saja. Hanya saja, terkadang pasien terganggu dengan adanya perawat yang lalu lalang saat ada pasien baru masuk.

“Untuk pelayanan medisnya, termasuk pelayanan dokternya sama saja. Hanya tidak berada di ruangan sesuai haknya. Sebab, kondisi ruangan penuh,” terangnya.

Selain itu, menurutnya, semua kamar  tidak ada yang dibedakan. Artinya, baik pasien BPJS ataupun umum mendapat pelayanan yang sama. Sesuai dengan kelas yang dipilih.

“Kamar BPJS misalnya, kami tidak membedakan dengan pasien umum. Jadi, kamar yang tersedia di RSUD diperuntukkan pasien yang saat itu masuk sesuai kelas. Dengan demikian, pasien bisa pilih sesuai haknya,” terangnya.

Namun, karena penuh, pasien yang ada akhirnya dirawat di IGD. “Kalau kamar penuh, kami tandon pasien di IGD atau kalau berkenan bisa memanfaatkan rumah sakit sekitar yang masih mampu merawat sesuai prosedur,” bebernya. (rpd/hn)