Revitalisasi Pasar Nguling Tahap Finishing Dianggarkan Rp 1,4 M

NGULING – Tahun ini, revitalisasi Pasar Nguling digelontor anggaran Rp 1,4 miliar untuk tahap finishing. Di antaranya untuk pemasangan rolling door sampai pavingisasi di area sekitar.

Edy Suwanto, kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan menjelaskan, revitalisasi Pasar Nguling terus dilanjutkan tahun ini. Anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat sebesar Rp 1,4 miliar.

“Tahun 2019 ini masih terus dilanjutkan revitalisasinya dan ada anggaran dari DAK,” terangnya.

Revitalisasi ini melanjutkan tahun lalu. Tahun lalu, Pasar Nguling mendapat dana revitalisasi dari APBD yang bersumber dari dana cukai. Besarnya, Rp 2,8 miliar.

Pemkab Pasuruan sendiri getol merevitalisai pasar-pasar tradisional di Kabupaten Pasuruan. Tujuannya, agar kondisi pasar lebih modern, tertata, dan rapi.

Untuk Pasar Nguling, revitalisasi dilakukan di pasar buah sebagai ikon dari Pasar Nguling. Dan, tahun kemarin revitalisasi dilakukan dengan cara membangun gedung satu lantai berisi 50 kios untuk pedagang buah.

“Revitalisasinya dilanjutkan tahun ini untuk tahapan finishing. Mulai pemasangan rolling door untuk semua kios, pengecatan, sampai pavingisasi di area sekitar,” terangnya.

Targetnya, kegiatan ini akan dilelang pada bulan April. “Kalau lancar, kami targetkan bulan Mei sudah ada pengerjaan untuk tahap finishing-nya,” pungkasnya. (eka/fun)