Ciduk 13 PSK di Tretes Prigen, 2 Diantaranya Idap HIV/ AIDS

BANGIL-Praktik bisnis esek-esek ilegal di wilayah Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan diobrak Satpol PP setempat, Minggu malam (10/2). Sebanyak 13 pekerja seks komersial (PSK) berhasil diciduk.

Ironisnya, dua diantaranya mengidap HIV/ AIDS. Itu diketahui, setelah petugas kesehatan melakukan cek sampel darah kepada para PSK yang terjaring razia, Senin siang (11/2).

Operasi pekat itu sendiri digelar sekitar pukul 22.45. Sebanyak 22 personel dikerahkan, untuk menyisir kawasan yang kerap dijadikan sarang esek-esek itu. Mereka menyisir sejumlah wisma yang ada di kawasan Watuadem, Kelurahan/Kecamatan Prigen.

Operasi itu berjalan tak mudah. Karena dalam operasi itu, sempat diwarnai aksi kejar-kejaran. Hasilnya, petugas mendapati 13 PSK yang tengah menunggu pelanggannya.

“Razia ini merupakan kegiatan rutin untuk penegakan perda nomor 3 tahun 2017,” ujar Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan, Yudha Tri Widya Sasongko.

Mereka yang terjaring razia itu, kemudian digiring ke Makopol PP yang ada di Raci, Bangil. Mereka tak hanya didata. Tetapi juga, dites kesehatannya.

Hasilnya, sungguh mengkhawatirkan. Karena dua diantaranya, kedapatan mengidap HIV AIDS. “Berdasarkan hasil cek darah, dua diantaranya terinfeksi HIV AIDS,” sampainya.

Mereka yang mengidap HIV AIDS itu, mendapat penanganan dari Dinkes serta KPA Kabupaten Pasuruan. “Para PSK yang kami amankan, akan kami sidangkan tipiring,” jelas Yudha Tri Widya Sasongko. (one/mie)