Operasional Museum Kabupaten Pasuruan Molor Lagi

PANDAAN – Rencana Pemkab Pasuruan mengoperasikan Museum Kabupaten Pasuruan di Kecamatan Pandaan, kembali molor. Sebelumnya, Pemkab merencanakan museum dioperasikan pada bulan kemarin. Namun, sejauh ini belum jelas kapan akan direalisasikan.

“Memang sudah siap, tapi beberapa di antaranya masih belum. Jadi, operasionalnya molor, tapi kami diupayakan bisa secepatnya,” ujar Kabid Seni dan Budaya Disparbud Kabupaten Pasuruan Nurul Hudayati.

Nurul mengatakan, sejauh ini ada beberapa pekerjaan yang belum rampung. Salah satunya penataan lantai dua yang dimanfaatkan untuk UKM dan IKM. Kekurangan ini, termasuk proses sosialisasi dan evaluasi diharapkan tuntas dalam bulan ini.

“Yang belum selesai tinggal pendukung sekaligus pelengkap museumnya saja. Ditempatkan di lantai dua dan dalam proses. Untuk lantai satu full sebagai museum dan sudah siap. Kini tinggal operasionalnya saja,” ujarnya.

Di museum milik Pemkab ini terdapat 74 item koleksi yang akan dipajang. Di antaranya, ada terakota, gerabah, guci, arca, yoni, dan batu-batu. Barang-barang itu sebagian merupakan hasil pinjam pakai dari BPCB Jatim. (zal/fun)