Dispendik Usulkan Diperbaiki dan Usulkan Bangun Ruang Kelas di SDN Sapih 3

LUMBANG – Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari menyetujui pergeseran anggaran untuk perbaikan atap ruang kelas SDN Sapih 3 Lumbang. Bahkan, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabuapten Probolinggo berencana menambah pembangunan ruang kelas baru (RKB) untuk SDN Sapih 3. Namun, semua itu masih akan diusulkan dalam Pembahsaan APBD 2020 nanti.

SEMENTARA: Atap dari terpal yang dipasang, agar kegiatan belajar mengajar di SMPN 3 Sapih tak mengganggu siswa. (Dispendik for Jawa Pos Radar Bromo)

Hal itu disampaikan Dewi Korina selaku Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo. Dewi mengatakan, pengajuan perbaikan atap dua ruang kelas SDN Sapih 3, telah mendapatkan persetujuan Bupati Probolinggo. Pihaknya pun akan menggunakan anggaran kegiatan pemeliharaan, bakal segera memperbaiki atap yang jebol akibat tertimpa pohon tumbang.

”Sesuai hasil peninjauan ke lokasi, anggarang yang dibutuhkan sekitar Rp 5 juta untuk perbaikan atap dua ruang kelas itu. Nantinya, anggaran itu akan diambilkan dari kegiatan pemeliharaan,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, Selasa (5/2).

Selain itu, pihaknya berencena mengusulkan penambahan RKB di SDN Sapih 3 tersebut. Mengingat, lembaga SD itu masih kekurangan ruang kelas. Selama ini, ada satu ruang yang digunakan untuk aktivitas belajar mengajar siswa dua kelas. Namun, semua itu masih bakal diajukan di APBD 2020 nanti.

”Kami juga akan usulkan di APBD 2020, untuk pembangunan rumah dinas guru. Supaya, bagi guru yang rumahnya jauh, saat cuaca hujan, bisa menginap di rumah dinas itu,” terangnya.

Mantan Kepala Bappeda Kabuapten Probolinggo itu menjelaskan, tahun anggaran saat ini sudah berjalan dan APBD 2019 telah disahkan. Rencana pembangunan RKB di SDN Sapih 3 Lumbang itu, masih dalam rencana pengusulan dalam pembahasan APBD 2020 nanti. Tentunya, nantinya semua itu akan melihat dan mempertimbangkan prioritas.

”Semoga saja, di tahun 2020 bisa terealisasi pembangunan ruang kelas baru dan rumah dinas guru itu,” harapnya.

Sementara itu, Lukman Hakim selaku ketua komisi D DPRD Kabupaten Probolinggo mengatakan, perbaikan atap dua ruang kelas itu diharapkan bisa segera dikerjakan. Supaya, bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak didik di sekolah.”Jika memang kekurangan ruang kelas, kami dukung untuk menjadi prioritas pembangunan ruang kelas baru itu,” terangnya. (mas/fun)