Fraksi Nasdem Kota Probolinggo Kocok Ulang Anggota di AKD

MAYANGAN – Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD Kota Probolinggo mengajukan perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Jumat (1/2) dilakukan rapat paripurna internal untuk memproses perubahan AKD.

Hal ini diungkapkan Mukhlas Kurniawan, wakil Ketua I DPRD Kota Probolinggo. “Malam ini ada rapat paripurna internal membahas pergantian AKD dari Partai Nasdem Kota Probolinggo,” ujarnya.

Pergantian AKD ini dilakukan untuk Sri Warsini yang sebelumnya menjadi anggota di Badan Penyusunan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Musyawarah (Banmus) untuk pergantian ini, Sri hanya akan menjadi anggota Bapemperda. “Sedangkan untuk Banmus akan diisi oleh Muhammad Yoni,” ujarnya.

Saat disinggung mengenai peraturan yang mengatur pergantian 2,5 tahun sekali untuk AKD, dia membantahnya. “Untuk pimpinan AKD aturannya 2,5 tahun sekali. Tapi, kalo anggota bisa dilakukan di awal tahun anggaran,” jelasnya.

Sementara itu, Zulfikar Imawan, ketua DPD Partai Nasdem membantah jika ada pergantian anggota AKD dari Fraksi Nasdem. Menurutnya, lebih pas jika disebut pemerataan tugas di AKD.

“Bukan pergantian, tapi pemerataan tugas. Bu Warsini dulu di Banmus dan Bapemperda, akhirnya ditempatkan di Bapemperda saja. Sedangkan Banmus oleh Pak Yoni,” jelasnya.

Iwan -sapaan Zulfikar Imawan- mengakui, proses pengisian AKD ini sedikit terlambat setelah Pergantian Antarwaktu (PAW) dirinya. Sehingga, Sri Warsini merangkap menjadi anggota di dua AKD. (put/hn)