Dua Parpol di Kota Pasuruan Ini Tetap Tak Setor LPSDK

PASURUAN – Sepekan sudah putusan sidang majelis pemeriksa Bawaslu Jawa Timur atas pelanggaran administrasi pemilu oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Garuda di Kota Pasuruan. Meski begitu, salah satu amar dalam putusan sidang itu belum dilaksanakan oleh kedua parpol.

Hingga hari ke tujuh, kedua parpol tetap tak menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) ke KPU setempat. Dalam amar putusannya, Majelis Pemeriksa Bawaslu Jatim menyatakan, terlapor secara sah dan meyakinkan melanggar administrasi pemilu; memberikan sanksi peringatan dan menetapkan sanksi tersebut tidak diperlukan, jika terlapor menyerahkan LPSDK paling lambat tujuh hari sejak putusan diberikan.

Kemudian, memerintahkan KPU Kota Pasuruan menerima penyerahan LPSDK dari dua parpol tersebut. Juga memerintahkan Bawaslu Kota Pasuruan mengawasi penyerahan LPSDK dari dua parpol tersebut, dan menetapkan barang bukti sebagaimana yang disampaikan pelapor.

“Hingga saat ini, belum ada satu pun dari dua parpol itu yang menyerahkan,” kata Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Pasuruan Roice Diana Sari, Jumat (1/2).

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Moh Anas juga membenarkan. Sesuai dengan amar putusan, pihaknya juga akan melaporkan kembali kondisi itu ke Bawaslu Jawa Timur.

“Hari ini (Jumat) kami sampaikan ke Bawaslu Jatim apabila dua parpol ini masih belum menyerahkan LPSDK. Jadi, upaya selanjutnya nanti juga akan diputuskan oleh Bawaslu Jatim,” jelas dia. (tom/hn)