Stok Darah Dipastikan Aman hingga Akhir Bulan, Terbanyak Golongan Ini

PASURUAN – Warga Kota Pasuruan yang membutuhkan darah hingga akhir Januari ini tak perlu khawatir. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pasuruan memastikan sejauh ini stok darah cukup aman. Kondisi ini juga dikarenakan tingginya animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Pasuruan Shierly Marlena mengatakan, stok darah di PMI sejak awal tahun lalu terbilang masih aman. “Sampai saat ini masih aman, belum ada kekurakan stok ketersediaan kantung darah,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Shierly menjelaskan, berdasarkan data stok darah pada pertengahan Januari lalu, golongan darah A tersedia 30 kantong dan golongan darah B tersedia 45 kantong. Sementara, golongan darah O dan AB masing-masing terdapat 20 dan 10 kantong.

Menurut Shierly, ketersediaan stok darah itu tidak akan sampai kekurangan. Meski ada darah yang mesti dikeluarkan, tidak akan banyak mempengaruhi ketersediaan darah. Sebab, pihaknya juga melakukan upaya jemput bola dalam kegiatan donor darah. Setiap harinya, mobil Unit Transfusi Darah selalu menggelar kegiatan donor darah di berbagai lembaga ataupun perusahaan.

“Setiap hari ada donor darah, baik itu dari mobil unit maupun pendonor yang sukarela datang ke UTD,” ujarnya. Dia merinci, setiap pekannya ada sekitar 50 hingga 75 pendonor yang sukarela mendonorkan darahnya. (tom/fun)

 

Stok Darah di PMI Kota Pasuruan
Golongan A           30 kantong
Golongan B           45 kantong
Golongan O           20 kantong
Golongan AB        10 kantong