Soal Listrik Byarpet, Begini Penjelasan PLN Probolinggo

PROBOLINGGO–Beberapa hari terakhir, aliran listrik sering padam di Kota Probolinggo. Sejumlah warga pun mengeluhkan kondisi itu. Mereka berharap, listrik kembali normal.

Keluhan itu seperti diungkapkan Selamet, 56, warga Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Menurutnya, pemadaman listrik yang sering terjadi belakangan ini, merugikan pelanggan. Sebab, tidak cukup sekali listrik padam. Bahkan, di daerahnya berkali-kali.

“Di sini, tadi malam padam (Rabu malam, Red), kemarin juga (dua hari lalu, Red). Padamnya lumayan lama. Sekitar empat sampai lima jam,” terang pria yang membuka warung makan itu, Kamis (24/1) siang.

Bahkan di rumah saudaranya di Merpati, Kecamatan Mayangan, pemadaman lebih lama. Yaitu, pernah terjadi mulai pukul 09.00 sampai 17.00.

“Kami bayarnya tetap, sementara listrik dalam tiga hari terakhir sering padam. Lha, PLN ini bagaimana?,” imbuh pria tersebut.

Hal senada diungkapkan Sukartini, 33, warga Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan. Menurutnya, listrik sering padam tanpa pemberitahuan. Karena itu, pelanggan seperti dirinya sering bingung kenapa listrik sering padam. Apakah karena pasokan listrik berkurang atau ada gangguan jaringan, sehingga perlu perbaikan.

“Saya tidak tahu mengapa sering padam. Di sini saja, tadi malam padam. Terus tengah malam juga padam,” terang perempuan itu, kemarin.

Terpisah, Supervisor Teknik di PLN Rayon Probolinggo Faizal Rayhan menjelaskan, pemadaman terjadi karena ada gangguan jaringan listrik. Hal itu diakibatkan cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

Menurutnya, banyak pohon tumbang karena cuaca ekstrem. Pohon itu pun mengenai jaringan listrik. Sehingga, listrik pun padam.

Ia berharap masyarakat bisa memaklumi serta bersabar. Yang jelas menurutnya, tim sudah berupaya bergerak cepat agar jaringan listrik bisa normal kembali.

“Belakangan ini kondisi cuaca sangat ekstrem. Banyak pohon tumbang baik di kabupaten maupun di kota yang menimpah jaringan listrik. Akibatnya jaringan listrik terganggu,” katanya.

Akibatnya, banyak jaringan listrik yang rusak tertimpa pohon. Pihaknya pun berupaya cepat melakukan perbaikan. Namun, perbaikan juga mengalami kesulitan. Sebab, pihaknya harus memotong pohon terlebih dahulu. Selain itu, memastikan secara visual agar tegangan bisa masuk dengan aman.

“Tim sudah bekerja ekstrakeras untuk pemulihan. Mohon maaf untuk pelanggan yang listriknya terganggu,” pungkasnya. (rpd/hn)