Melintasi Karangsentul, Waspada Lubang Jalan Bertebaran

GONDANGWETAN-Pengendara yang biasa melintas di ruas jalan Gayam, Desa Karangsentul, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, harus berhati-hati. Sebab, sejumlah lubang berdiameter cukup lebar tersebar di jalan ini. Jika tidak, bisa terperosok ke lubang jalan.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, lubang jalan mulai ada sejak di pertigaan Gondang Wetan ke selatan sejauh 500 meter. Ukuran lubang bervariasi. Ada yang berdiameter 20 sentimeter sampai 60 sentimeter.

Kondisi ini pun dikeluhkan sejumlah pengendara yang melintas. Seperti yang diutarakan Mustofa, warga Desa Bajangan, Kecamatan Gondang Wetan. Ia menyebut, kerusakan jalan ini sudah terjadi sejak 2018. Namun, belum pernah ada perbaikan dari instansi terkait. Padahal, kondisi jalan sangat membahayakan bagi pengendara yang melintas.

“Utamanya, saat malam hari, saat ruas jalan lebih gelap. Bagi pengedara yang kerap melintas di sini, mungkin bisa menghindari lubang karena sudah hapal. Namun, bagaimana dengan warga luar Kecamatan Gonang Wetan? Sangat membahayakan dan bisa berakibat kecelakaan,” jelasnya.

Kanitlaka Satlantas Polresta Pasuruan Iptu Ahmad Jayadi mengaku, kewenangan perbaikan ruas jalan yang rusak ada di Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan. Pihaknya bakal menyampaikan hal tersebut pada instansi yang bersangkutan.

“Kami hanya sebatas pemberian rambu-rambu berupa imbauan untuk meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas. Untuk perbaikannya bakal kami sampaikan pada Bina Marga agar segera ditangani,” ungkap perwira dengan dua setrip di pundaknya ini. (riz/hn)