Sakit, TKI Asal Kedawang di Nguling Meninggal di Malaysia

NGULING – Salah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Kedawang, Kecamatang Nguling, Kabupaten Pasuruan, Sujar meninggal di Malaysia. Senin (21/1), sekitar pukul 07.00, lelaki 47 tahun itu meninggal dunia karena sakit.

Sujar meninggal karena komplikasi gagal ginjal, kencing manis, dan asam urat yang dialaminya sejak enam bulan lalu. Arso, tetangga Sujar mengatakan, Sujar menjadi TKI di Malaysia sejak 2015. Di sana dia bekerja sebagai pelayan di sebuah rumah makan di Penang, Malaysia.

“Terhitung sudah 2,5 tahun Sujar menjadi TKI. Dia berangkat akhir 2015. Dua tahun kemudian, pada 2017, istrinya, Solehana menyusul dan bekerja di tempat yang sama dengannya,” ujarnya.

Arso mengatakan, sejatinya Sujar sudah berkeinginan pulang ke Desa Kedawang sejak 2018. Bahkan, dalam sebulan terakhir ini sudah tiga kali Sujar hendak pulang. Namun, keinginannya tidak terlaksana karena kondisi fisiknya lemah.

“Ternyata Allah berkehendak lain. Dia dipanggil lebih dahulu sebelum sempat pulang. Dia meninggal usai dirawat di rumah sakit selama sehari di Penang,” ujarnya.

Kepala Desa Kedawang Suharto mengatakan, jenazah Sujar tiba di rumah duka Rabu (23/1), sekitar pukul 16.00. Pemulangannya dibiayai penuh oleh keluarganya. Sedangkan, pihaknya hanya membantu dengan ambulans desa dari Bandara Juanda Surabaya.

Menurutnya, Sujar dikenal sebagai warga yang suka membantu dan menolong tetangganya. Sebelum menjadi TKI, ia juga rutin mengikuti kegiatan di Desa Kedawang. “Almarhum meninggalkan satu putra dan satu putri serta dua orang cucu. Putranya sudah berumah tangga sementara anak bungsunya masih mondok,” ujar Suharto. (riz/fun)