Perbaikan Jalan Gununggangsir-Pandaan Dialokasikan Rp 11 Miliar

DIPERHATIKAN: Sejumlah pengendara melintas di Jalur Gununggangsir-Pandaan, di Desa Randupitu, Kecamatan Gempol.Tahun ini jalan ini akan diperbaiki dengan anggaran Rp 11 miliar. (Erri Kartika/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BEJI – Banyaknya jalan rusak di jalur Gunungganggir, Kecamatan Beji ke arah Kecamatan Pandaan, mulai mendapat perhatian Pemkab Pasuruan. Tahun ini, Pemkab akan memperbaiki jalan tersebut dengan anggaran Rp 11 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Adanya kabar perbaikan jalan ini membuat sejumlah warga bersyukur. Maklum, sudah lama mereka menantikan jalan di wilayahnya diperbaiki. Seperti diungkapkan warga Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Sulikhah, 63. “Sudah lama banyak yang rusak. Kalau lewat arah sana pasti nggak nyaman karena lubang dan bergelombang,” ujarnya.

Menurutnya, rusaknya jalur itu karena banyaknya kendaraan yang melintas di sana, baik kendaraan roda dua, roda empat, dan kendaraan bertonase tinggi. Apalagi jalur ini banyak dilintasi truk-truk perusahaan. Karenanya, pihaknya berharap jalan ini segera diperbaiki.

Pernyataan Sulikhah diamini oleh warga lainnya, Warsan. Pria asal Desa Randupitu ini mengeluhkan jalur Desa Gununggangsir menuju Kecamatan Pandaan, ini rusak parah. “Sudah lama rusak, tapi tidak kunjung diperbaiki. Kami berharap segera diperbaiki agar bagus,” ujarnya.

Mendapati itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hari Apriyanto mengatakan, tahun ini pihaknya akan memperbaiki jalur dari Gununggangsir sampai ke arah Pandaan. Menurutnya, rusaknya jalan itu karena umurnya sudah aus. Ditambah dengan tingginya tonase kendaraan yang melintas di sana.

“Tahun ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 11 miliar. Anggaran ini untuk perbaikan jalan dari Perempatan Gununggangsir ke arah Pandaan dan perbaiki jalur yang rusak-rusak,” ujarnya.

Hari mengatakan, anggaran itu untuk perbaikan jalan berupa pengaspalan sepanjang sekitar 6 kilometer. Targetnya, pada triwulan kedua atau April mendatang sudah mulai digarap. (eka/fun)