Kejaksaan Tunggu Putusan Kasasi Erwin, Jika Turun Bisa Dieksekusi

PURWOREJO – Proses kasasi yang diajukan Erwin Hamonangan masih menjadi perhatian dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pasuruan. Sejauh ini Kejari setempat menyebut belum mendapatkan putusan dari mahkamah agung (MA).

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kota Pasuruan, Asep Sunarsa mengungkapkan pihaknya masih menunggu putusan yang dijatuhkan pada eks kabid angkutan darat di dinas perhubungan (Dishub) tersebut. “Putusan dari MA belum turun. Kami sempat menanyakan pada MA November lalu, namun sampai saat ini belum ada jawaban. Sebab, Erwin mengajukan kasasi untuk vonis dua tahun enam bulan yang dijatuhkan oleh majelis hakim PN Tipikor Surabaya,” jelasnya.

Asep- sapaan akrabnya menyebut, pihaknya belum mengetahui keberadaan terdakwa korupsi pengadaan traffic light pada 2015 itu. Namun, Kejari tetap memonitor keberadaan Erwin. Pihaknya meyakini jiwa Erwin masih berada di lingkup Jawa Timur.

Menurutnya, Kejari masih menunggu hasil kasasi tersebut. Jika kasasi dari MA turun, maka Kejari bakal mengundang Erwin Hamonangan secara resmi. Namun, jika yang bersangkutan tidak kooperatif, maka Kejari bakal melakukan jemput paksa.

“Kami belum bisa mengambil tindakan karena belum mendapatkan putusan dari MA. Kalau memang ada kekuatan hukum tetap dan dinyatakan inkracht, tentu kami bakal mengambil tindakan,” pungkas Asep.

Seperti diketahui, Erwin Hamonangan yang merupakan PNS Pemkot Pasuruan, terjerat kasus korupsi TL. Dia sudah dijatuhi vonis dua tahun enam bulan. Namun dia mengajukan kasasi. (riz/fun)