Begini Serunya Masak Bareng Chef Rudy Choirudin dan Penetapan Kudapan Khas Kraksaan

KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo melalui Dinas Kominfo, Selasa (22/1), menggelar event Masak Bareng Chef Rudy Choirudin di Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan. Event untuk memperingati Hari Jadi Kota Kraksaan ke 9 sebagai ibu kota Kabupaten Probolinggo, itu berlangsung sukses dan meriah. Event ini juga menghasilkan enam kudapan sehat yang menjadi ciri khas Kota Kraksaan di bidang kuliner.

TETAPKAN KUDAPAN KHAS: Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari saat penandatangan ikrar kudapan khas Kraksaan. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

Event dengan tema “Perempuan Kraksaan Kreatif, Tangguh, dan Sukses” ini menghadirkan Chef Rudy Choirudin. Ahli tata boga dan pengisi acara memasak yang sudah malang melintang di televisi sejak 30 tahun terakhir.

Acara Masak Bareng Chef Rudy, diawali dengan penilaian lomba kudapan sehat Khas Kota Kraksaan oleh Cher Rudy. Kemudian, Chef Rudy meninjau stan UKM dari sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Kraksaan bersama Bupati Probolinggo Hj. P.Tantriana Sari. Bupati Tantri –panggilannya- hadir sesaat setelah melepas kirab Piala Adipura 2018, di depan GIC Kota Kraksaan.

Lomba kudapan sehat khas Kota Kraksaan ini diikuti 18 tim. Mereka adalah ibu-ibu pengurus TP-PKK dari 13 desa dan 5 kelurahan di Kecamatan Kraksaan.

Dalam lomba itu, 18 tim tersebut dibagi menjadi 3 kelompok. Yakni, kelompok Bikang Pelangi Kraksaan, Kelompok Bongko Manis Kraksaan, dan Kelompok Sarikaya Kraksaan. Dari tiga kelompok ini, kemudian diambil satu penyaji terbaik.

Dalam event masak bareng itu, Chef Rudy mengenakan batik tulis Ronggomukti dipadu Odeng Kacong Kraksaan. Usai menjadi juri, pria yang memiliki riwayat keluarga di Dringu, Kabupaten Probolinggo, ini menggelar masak bareng.

Ada tiga jenis kudapan yang dimasak Chef Rudy. Salah satunya dimasak bareng dengan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, Ketua TP-PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, dan Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah.

Tiga kudapan sehat yang dimasak itu adalah kreasi baru dan belum pernah ada sebelumnya. Bahannya, dari hasil bumi Kabupaten Probolinggo dan mudah didapat. Di antaranya, jagung, ketela pohon, pisang, manga, dan bawang merah. Tiga kudapan kreasi baru itu, akhirnya diberi nama Kue Getuk Gulung Duo, Kue Kamir Jagung, dan Es Mangga Kraksaan.

Tiga kudapan sehat khas kota Kraksaan yang dilombakan dan tiga kudapan sehat kreasi baru itu, kemudian dicanangkan menjadi sajian wajib dalam setiap kegiatan atau event di Kabupaten Probolinggo. Dalam kesempatan itu, enam kudapan tersebut juga diikrarkan oleh satuan OPD.

Penandatanganan ikrar pemanfaatan kudapan diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Supriadi; Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan M. Sidik Wijanarko; dan Asisten Administrasi Umum Anung Widiarto.

“Ketika ada rapat atau event, pemkab wajib minimal menyiapkan dua kudapan dari enam kudapan sehat tersebut,” ujar Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari.

Menurutnya, Pemkab mengundang Chef Rudy untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Kraksaan ke 9. Tujuannya, bersama-sama menggali warisan leluhur masyarakat Kota Kraksaan di bidang kuliner.

“Pemkab ingin menjadi fasilitator bagi perempuan Kraksaan yang kreatif, tangguh, dan cerdas, untuk bersama-sama membangun Kota Kraksaan, menjadi kota industri kecil,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan, event Masak Bareng Chef Rudy merupakan acara puncak Hari Jadi Kota Kraksaan ke 9, sebagai ibu kota Kabupaten Probolinggo. “Acara ini juga memperhatikan Launching City Branding Endless Probolinggo yang dicanangkan Ibu Bupati pada 2017 dan arahan khusus untuk mem-branding kota Kraksaan sebagai kota industri kecil,” katanya.

Event masak bareng itu disaksikan sekitar 500 undangan. Di antaranya, Wakil Bupati Probolinggo H. A Timbul Prihanjoko bersama Forkopimda, kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Probolinggo Sudjilawati Soeparwiyono beserta pengurus. Termasuk peserta lomba masak kudapan sehat dan undangan lainnya. (*/uno)