Angin Kencang Landa Tosari, Tiga Rumah Warga Rusak-Pohon Tumbang Tutupi Jalan

TOSARI – Hujan deras disertai angin kencang di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Rabu (23/1) malam, membuat sejumlah rumah warga porak-poranda. Tak hanya itu, sejumlah pohon juga tumbang hingga menutup badan jalan.

Camat Tosari Abdul Ghoni mengatakan, hujan deras dan angin kencang sudah terasa sejak Rabu (23/1), pukul 21.00. Angin kencang terasa sampai Kamis (24/1), pukul 01.00. “Ada 5 titik yang terimbas angin kencang. Dua titik pohon tumbang dan 3 rumah porak-poranda lantaran angin kencang,” ujarnya.

Kamis (24/1)relawan tanggap bencana, masyarakat, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan langsung turun. Mereka mengecek dan mengevakuasi sejumlah pohon tumbang. Serta, membantu membersihkan rumah warga yang terdampak bencana.

Diketahui, salah satu pohon tumbang terjadi di Dusun Jonggo, Desa Baledono. Pohon ini menimpa tiang listrik dan membuat jalur Antardesa Baledono ke Tosari sempat macet. Karenanya, pohon ini segera dievakuasi agar jalan bisa segera dilintasi.

Di titik lainnya, yakni di Dusun Jetak, Desa Podokoyo, terdapat 4 pohon tumbang. Sejumlah pohon ini juga sempat menutup badan jalan. “Selama pembersihan warga harus memutar ke Jalan Podokoyo atas. Tapi, siang sudah bisa dilewati dan terus proses pembersihan,” ujar Abdul Ghoni.

TUTUPI JALAN: Pohon yang tumbang di Tosari sempat menganggu akses, namun tidak lama. (Foto: Camat Tosari For Jawa Pos Radar Bromo)

Sedangkan, 3 rumah rusak masing-masing milik Yuli, warga Desa/Kecamatan Tosari. Garasi mobil dan bengkelnya roboh diterjang angin dan menyebabkan kerugikan sekitar Rp 5 juta. Berikutnya, ada dapur milik Ines, warga Desa Ngadiwono. Dapurnya juga roboh dan mengakibatkan kerugian sekitar Rp 4 juta.

Kerugian terbanyak dialami Rasemat, warga Desa/Kecamatan Tosari. Sebab, atap rumahnya raib karena angin dan kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 15 juta.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana mengaku, pihaknya sudah mengevakuasi pohon yang tumbang. Termasuk, memperbaiki sementara rumah yang tertimpa bencana. “Rumah yang rusak terkena angin kencang sudah kami benahi sementara dan sudah dilaporkan. Termasuk kami fasilitasi agar bisa mendapatkan bantuan perbaikan,” ujarnya. (eka/fun)