Dishub Targetkan PAD Tempat Parkir Khusus Bisa Raih Rp 160 Juta

PANDAAN – Tak hanya parkir konvensional tepi jalan, sektor parkir lainnya juga digenjot Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan.

Salah satunya tempat parkir khusus yang di tahun ini ditargetkan bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebanyak Rp 160 juta.

Parkir ini juga berupa retribusi. Angka Rp 160 juta diklaim naik sebesar Rp 5 juta, dari target PAD di tahun lalu yang nilainya Rp 155 juta. Meski kecil, target tersebut dinilai sangat realistis.

“Tempat parkir khusus juga menjadi kontribusi PAD di tiap tahunnya. Targetnya kami naikkan sedikit dari tahun lalu,” ucap Kabid Dalops Dishub Kabupaten Pasuruan Abu Hasan.

Di sektor parkir ini, lokasinya tidak di semua kecamatan. Melainkan di beberapa titik saja, di antaranya tempat wisata milik daerah seperti Banyubiru di Winongan, kawasan plasa daerah di Pandaan, Purwosari, dan Bangil dan terminal kargo di Beji dan Wonorejo.

Adapun sasarannya semua kendaraan bermotor, mulai dari roda dua, roda empat, hingga lebih. Retribusi ini dikenai saat kendaraan parkir di tempat parkir khusus tersebut.

“Prospek dan potensinya bagus, tentunya kami maksimalkan capaiannya di tahun ini lebih baik dan meningkat dari tahun sebelumnya. Karena fakta di lapangan jumlah kendaraan terus bertambah di tiap tahunnya,” kata Abu -sapaan akrabnya-.

Disinggung untuk besaran tarif retribusinya di tempat parkir khusus ini, ia katakan diatur dalam Perda 10/2013 tentang Retribusi Tempat Parkir Khusus. “Untuk R2 Rp 1.000, R4 Rp 2.000. Kemudian kendaraan barang Rp 5.000, 7.000 dan 10.000, sesuai jumlah berat yang diizinkan,” tuturnya. (zal/fun)