Relawan Demokrasi Kantongi SK, Harus Jaga Netralitas

PASURUAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan merekut 55 relawan demokrasi (Relasi). Mereka akan membantu penyelenggara pemilu dalam menyosialisasikan pesta demokrasi yang akan digelar pada April 2019.

Kini, mereka telah mengantongi surat keputusan (SK). Karenanya, mereka pun harus siap untuk disebar ke seluruh kecamatan di Kota Pasuruan. Mereka juga dituntut untuk mematuhi kode etik relawan demokrasi serta menjaga netralitasnya.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Mulyadi mengatakan, rekrutmen relawan demokrasi itu dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, jumlahnya 55 orang. “Hari ini penyerahan SK penetapan serta pembekalan. Ada beberapa hal yang kami sampaikan, terutama soal pemahaman demokrasi serta teknis kepemiluan. Tidak kalah pentingnya juga soal kode etik, ini yang perlu dipatuhi setiap Relasi,” ujarnya.

Setelah mengikuti bimbingan teknis, para relawan demokrasi itu resmi menjalankan tugasnya. Mereka akan bertugas hingga April 2019. Setiap bulannya mereka akan mendapatkan honor Rp 750 ribu.

Mulyadi menyebut, mereka akan disebar ke seluruh kecamatan untuk mensosialisasikan teknis pemilu kepada masyarakat. Terutama, kepada 11 segmen masyarakat yang menjadi target sosialisasi. “Di antaranya, kaum disabilitas, komunitas, pemilih pemula, dan pemilih perempuan. Proses rekrutmen yang kami lakukan, juga berdasarkan segmen masyarakat itu,” ujarnya. (tom/rud/fun)